/PT.Pelni Gelar Kuliah Umum di Unair dengan Topik Peningkatan Jangkauan Tol Laut untuk Kedaulatan Bangsa
Sumber Foto : Satriyani Dewi Astuti

PT.Pelni Gelar Kuliah Umum di Unair dengan Topik Peningkatan Jangkauan Tol Laut untuk Kedaulatan Bangsa

Universitas Airlangga dan PT.PELNI mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Peningkatan Jangkauan Tol Laut Menuju Kemandirian dan Kedaulatan Negara” yang digelar di Aula Garuda Mukti pada Senin(17/10).

Kuliah yang menghadirkan praktisi ahli dari PT Pelayaran Nasional Indonesia yakni DR.ALI Masykur Musa SH.,MH.,M.SI selaku Komisaris Utama. Selain itu, hadir pula Prof. Muhammad Miftahussurur, dr., M.Kes., Sp.PD-KGEH., Ph.D., FINASIM selaku Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi dan Informasi Universitas Airlangga dan Prof. Dr. Rudi Purwono, SE. MSE. selaku Wakil Direktur Universitas Airlangga Sekolah Pascasarjana.

Tol Laut merupakan konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo, program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di Nusantara. Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat diciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok.

Menanggapi hal itu Prof.Rudi memiliki visi dan tujuan yang sama dengan perkembangan moda transportasi laut, khususnya dalam pemerataan pembangunan bangsa.

“Pengurangan angka disparitas dapat ditekankan terutama di wilayah 3T (Terdampar,Terdepan dan Terluar) lewat distribusi perdagangan yang memanfaatkan tol laut sebagai radar pelayaran yang efisien,” ucap Prof.Rudi.

Komitmen penuh PT.Pelni dalam memberikan pelayanan yang maksimal melalui pelaksanaan operasional kapal tol laut guna menjamin distribusi dan ketersediaan barang kebutuhan pokok maupun barang penting lainnya di Indonesia akan dilakukan dengan sebaik-baiknya.

DR. Ali Masykur menekankan bahwa instrumen di bagian barat dan timur yang berjalan lancar akan mempercepat transformasi dan pengiriman logistik daerah.

PT.Pelni hadir untuk negeri mempertemukan supply dan demand bagi pembangunan dan pemerataan daerah,” tegas DR. Ali Masykur.

Di akhir, DR.Ali Masykur mengungkapkan bahwa PT.Pelni bersedia menjadi agen pembangunan dalam rangka
memperkuat konektivitas antar wilayah termasuk menjamin aksesibilitas masyarakat di
daerah 3TP serta tanggap darurat.

“PT.Pelni akan menjadi agen pembangunan memperkuat hubungan antar wilayah satu dengan yang lainnya contohnya seperti di daerah 3TP,” tutup DR.Ali Masykur.

Penulis : Satriyani Dewi Astuti

Editor : Primanda Andi Akbar