/Mengangkat Isu Ketahanan Pangan, Himapol Fisip Unair Gelar Airpol 7.0
Sumber Foto : Istimewa

Mengangkat Isu Ketahanan Pangan, Himapol Fisip Unair Gelar Airpol 7.0

Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Airlangga memiliki agenda tahunan yakni sebuah program kerja bernama Airpol (Airlangga Politics) dan tahun ini sudah menjadi tahun ke-7. Airpol sudah ada sejak tahun 2015 yang selalu mengusung tema yang berbeda-beda tiap tahunnya. 

Di tahun ini, Airpol 7.0 mengangkat tema “Ketahanan Pangan” untuk melihat diskursus ketahanan pangan dimana masyarakat saat ini menghadapi krisis lingkungan. Pemilihan isu ketahanan pangan ini diambil karena kepedulian dari berbagai fenomena lingkungan yang terjadi akhir-akhir ini. Misalnya, Indonesia di awal tahun 2021 dan akhir-akhir tahun 2022 sedang gencar dengan polemik ketahanan pangan. 

Panitia penyelenggara Airpol 7.0 melihat apakah ketahanan pangan bisa menjadi manfaat atau malah jadi boomerang untuk manusia. Pada Jum’at (5/10), acara Airpol 7.0 banyak mengundang pembicara yakni : Prof. Dr. Arif Satria, SP, M.Si. (Rektor IPB University), Dr. Sri Untari Bisowarno., M.AP (Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia), Dhita Mutiara Nabella., S.Si, Muhammad Saifulloh, M.Si, dan Rahmawati, S.Pi., M.Sc. bahkan ada yg dari praktisi politisi dan ada juga praktisi ketahanan pangan. 

Dalam penyelenggaraan Airpol 7.0 terdapat dua lomba yakni debat dan esai. Dari segi lomba esai, tujuan diadakan adalah untuk mengukur bagaimana critical thinking dari para mahasiswa tentang isu yang diangkat, terutama tentang ketahanan pangan. Sementara itu, tentang lomba debat tujuan diadakan adalah untuk mengukur bagaimana teman-teman mahasiswa bisa mengkritisi topik ketahanan pangan. 

“Jadi, kedua lomba ini sebetulnya lebih untuk ajang bertukar pikiran sebab, dari 2 lomba ini, kita bisa mendapatkan insight yang banyak tentang perspektif tema yang kita jual,” ungkap Hosniah, salah satu panitia Airpol 7.0.

Perlu diketahui, berikut merupakan daftar pemenang rangkaian perlombaan AIRPOL 7.0.

Pemenang Lomba Debat Bahasa Indonesia :

Juara 1: IPB University (Institut Pertanian Bogor)

Juara 2: Dipo Muda (Universitas Diponegoro) 

Juara 3: SES Telkom (Universitas Telkom)

Pembicara Terbaik 1: Kael Dilon Ezra (Institut Pertanian Bogor)

Pembicara Terbaik 2: Abdul Hakom (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

Pembicara Terbaik 3 Bersama: Gilang Dwi Laksana (Institut Pertanian Bogor) dan Mirwanto Paulima (Universitas Diponegoro)

Pemenang Lomba Esai :

Juara 1: Yoga Maulana (Universitas Andalas)

Juara 2: Pradnya Wicaksana (Universitas Airlangga)

Juara 3: Muhaammad Nurilham (Universitas Airlangga)

Penulis : Catia Haya Fadila

Editor   : Primanda Andi Akbar