/Psikologi Mencari Bakat Gandeng Universitas Luar Negeri untuk Apresiasi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus
Sumber Foto : Tangkapan Layar Zoom Meeting's

Psikologi Mencari Bakat Gandeng Universitas Luar Negeri untuk Apresiasi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

Fakultas Psikologi Universitas Airlangga menyelenggarakan acara “Psikologi Mencari Bakat” (PMB) yang merupakan ajang unjuk bakat bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Rangkaian kegiatan ini berjalan mulai dari Agustus 2022 sampai Oktober 2022. Acara ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengapresiasi Anak Berkebutuhan Khusus sekaligus sebagai sarana untuk meluruskan stigma negatif masyarakat akan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus itu sendiri. 

“Stigma terhadap ABK pun masih sering terdengar. Oleh karena itu, untuk mendukung tujuan pendidikan inklusif dan meluruskan stigma tentang ABK yang tersebar di masyarakat, PMB hadir untuk menjadi pembuktian bahwa ABK perlu difasilitasi serta diapresiasi karena masing-masing dari mereka memiliki keistimewaan. PMB diadakan secara offline sejak tahun 2013, dilanjutkan di tahun 2016, dan 2019 dan merangkul anak-anak berkebutuhan khusus di Jawa Timur. Pada tahun 2020 hingga tahun ini, PMB diadakan secara online untuk dapat menjangkau anak-anak berkebutuhan khusus dari seluruh daerah di Indonesia,” ungkap Angelina Amanda selaku Ketua Pelaksana Kegiatan.

Tahun ini PMB mengangkat tagline “See Ability, Embrace Disability” dimana tagline ini sesuai dengan tujuan PMB untuk mengapresiasi bakat-bakat anak-anak Berkebutuhan Khusus. Selain itu, hal yang menarik dalam penyelenggaraan PMB tahun ini adalah mengundang juri tamu dari Malaysia. PMB mengembangkan sayapnya ke kancah internasional, dimana bekerja sama dengan salah satu universitas di Malaysia, yaitu University College Sedaya International (UCSI). Perlu diketahui, saat ini UCSI juga sedang menyelenggarakan kegiatan PMB ini pada negaranya yang bertajuk Talent Festival. Selain itu hal yang berbeda dari tahun lalu adalah PMB tahun ini juga membentuk kategori baru, yaitu kategori All Star untuk mengapresiasi teman-teman ABK yang sering mengikuti ajang PMB ini.

Psikologi Mencari Bakat memiliki beragam jenis yang bisa diikuti meliputi seni tari, seni musik, seni teater, seni media, dan seni rupa. Tahun ini, PMB membuka 2 kategori pendaftar yang juga digunakan sebagai acuan penilaian yang dikategorikan berdasarkan jenjang pendidikan, yaitu TK-SD dan SMP-SMA. Pendaftar TK-SD sebanyak 53 peserta dan 4 tim. Pendaftar pada kategori SMP-SMA sebanyak 63 peserta dan 8 tim. 

“Panitia sangat bahagia dan bangga bisa menjadi sarana bagi teman-teman ABK untuk mengekspresikan bakatnya. Harapannya agar PMB semakin sukses dan berkembang kedepannya. Yang terpenting adalah selalu ada di setiap tahunnya,” tutup Angelina Amanda.

Penulis : Danar Trivasya Fikri

Editor   : Primanda Andi Akbar