/Adkesma BEM Unair Sukses Gelar Seminar dan Expo Beasiswa Terbesar se-Surabaya
Sumber Foto : Istimewa

Adkesma BEM Unair Sukses Gelar Seminar dan Expo Beasiswa Terbesar se-Surabaya

Gedung Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C UNAIR gemuruh oleh fans Jovial da Lopez dan Angga Fauzan. Diketahui, keduanya menjadi Guest Star dalam acara Seminar dan Expo Beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma) BEM UNAIR pada Sabtu, (15/10).

Seminar dan Expo Beasiswa (disingkat SEMPOA) merupakan salah satu program kerja unggulan yang mengumpulkan para pemburu beasiswa di seluruh Kota Surabaya. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya partisipan yang turut memeriahkan SEMPOA tak hanya mahasiswa dari UNAIR, melainkan ikut serta mahasiswa dari kampus lain seperti UPN Veteran Jawa Timur dan ITS. Acara ini juga dihadiri oleh siswa-siswi dari kalangan SMA yang ada di Surabaya.

Talkshow menjadi acara inti dalam event SEMPOA inidengan narasumbernya merupakan para founder beasiswa terkemuka di Indonesia, yakni beasiswa Da Lopez dan beasiswa MySkill. Da Lopez sendiri merupakan Chief Creative Officer Narasi TV dan content creator, sedangkan Angga Fauzan adalah CEO dan Co-founder platform MySkill sekaligus penerima beasiswa LPDP RI di University of Edinburgh. Tak heran jika acara ini mendapat banyak dukungan hingga mampu terjual ratusan tiket.

Mahmud selaku Menteri Adkesma BEM UNAIR mengatakan bahwa SEMPOA tahun ini menjadi seminar beasiswa pertama yang diselenggarakan secara offline setelah dua tahun belakangan diadakan secara online akibat pandemi. Mengingat perkuliahan yang sudah mulai dilaksanakan secara luring, Kementerian Adkesma BEM Unair memanfaatkan kondisi ini sebagai sebuah kesempatan untuk dapat menyelenggarakan seminar beasiswa secara luring dengan tujuan supaya kegiatan berjalan lebih masif dan kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh banyak orang.

Sejalan dengan tujuan diselenggarakannya SEMPOA, partisipan mengungkapkan bahwa mereka ingin memperoleh informasi sebanyak-banyaknya mengenai program beasiswa yang beragam jenisnya. Maka dari itu SEMPOA juga menggelar pameran beasiswa (expo) dalam bentuk stand yang diisi oleh berbagai lembaga penyedia beasiswa. Diantara yang menjadi expo partner adalah Beasiswa LPDP, Beasiswa Karya Salemba Empat, Beasiswa BAZNAS, Beasiswa Unggulan dan Beasiswa Bank Indonesia. Tak hanya itu, SEMPOA juga menggandeng lembaga beasiswa luar negeri diantaranya Aminef Fulbright Scholarship, Taiwan Education Center, dan Institute Francaise Indonesia.

Ketua pelaksana SEMPOA 2022, Hosniah, mengungkapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini, termasuk seluruh panitia, partisipan, pihak sponsor, serta bintang tamu. Ia mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan SEMPOA membutuhkan waktu yang cukup lama, kurang lebih tujuh bulan persiapan dimulai dari pembentukan panitia, perizinan gedung, hingga menjalin kontak dengan partner sponsor dan lembaga beasiswa yang sempat menemui hambatan.

“Tapi melihat acaranya bisa semeriah ini, alhamdulillah lelahnya terbayar”, pungkas Hosniah.

Penulis : Arizqa Novi Ramadhani

Editor   : Primanda Andi Akbar