/Ravelnas VI Himapolindo, Hima Politik Berkesempatan Jadi Tuan Rumah Penyelenggara
Sumber Foto : Istimewa

Ravelnas VI Himapolindo, Hima Politik Berkesempatan Jadi Tuan Rumah Penyelenggara

Hima prodi Ilmu Politik menjadi tuan rumah Ravelnas VI Himapolindo pada 3-6 September 2022.

Setiap tahun, keperioden Himapolindo (Himpunan Mahasiswa Politik Indonesia) selalu mengadakan dua kegiatan yakni Ravelnas dan Kongres. Ravelnas merupakan acara evaluasi untuk kepengurusan setengah periode di Himapolindo serta mempersiapkan untuk kepengurusan periode kedepan.

Pada kesempatan ini, Universitas Airlangga khusunya Himpunan Prodi Ilmu Politik berkesempatan menjadi tuan rumah Ravelnas yang dihadiri oleh 16 universitas se-Indonesia.

Pada pelaksanaan hari pertama, acara diawali dengan penyambutan kedatangan peserta yang langsung diarahkan ke penginapan LPMP Ketintang. Kemudian, pada hari kedua, acara dimulai dengan seminar nasional yang bertema “Peluang dan Tantangan Pelaksanaan Pemilu serentak 2022”.

Seminar berlangsung dengan diisi beberapa pembicara yakni August Mellaz (anggota KPU RI), H.Rahmat Muhajirin, S. H (anggota komisi 2 DPR RI), Prof. Ramlan Surbakti, MA,. PH. D (guru besar ilmu politik), dan Fahrul Razi S. IP., M. I. P (ketua komite 1 DPD RI) dengan dipandu oleh moderator Nuke Faridha Wardhani (Dosen Ilmu Politik Unair).

Kemudian, acara dilanjutkan dengan sidang penyampaian Lembar Pertanggung Jawaban (LPJ). Kegiatan ini dibuka gratis untuk umum dan dilaksanakan di Ruang G-2 06, Kampus C Universitas Airlangga.

Lalu, hari ketiga acara dilanjutkan dengan agenda Focus Grup Disscusion dengan mengambil tema “Pemilu Serentak 2024 dan Peran Generasi Muda” bersama pembicara Juliana Eva Wati, S.H., M.Kn (anggota DPRD Surabaya) dan Airlangga Pribadi Kusman, S.IP., M.A (Dosen Ilmu Politik Unair) di Aula Soetandyo, Kampus B, Universitas Airlangga.

Hari terakhir, terdapat acara yakni safari ke kantor DPRD Provinsi Jawa Timur dan diakhiri dengan gala dinner bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Selain sebagai tuan rumah, Ketua Pelaksana Ravelnas IV Himapolindo, Ayu Tri Wulandari mengungkapkan bahwa tujuan lain dari diselenggarakannya acara Ravelnas adalah menjalin silahturahmi dengan mahasiswa-mahasiswa prodi Ilmu Politik dari berbagai universitas di Indonesia.

“Tujuan diselenggarakannya acara ini yaitu untuk memaparkan LPJ setiap Korwil (Koordinator Wilayah) yang sudah terbagi di himapol Indonesia, yang terdiri dari korwil 1-6. Selain itu juga untuk menjalin silaturahmi antara sesama prodi ilmu politik dengan universitas lainnya”, ungkap Ayu Tri Wulandari.

Penulis : Dea Afi Annisa

Editor   : Primanda Andi Akbar