/Abhiseka Ing Anagata, Tema Baru Ospek Fakultas Imu Budaya
Sumber Foto : Istimewa

Abhiseka Ing Anagata, Tema Baru Ospek Fakultas Imu Budaya

Bersatu dalam Wahana Budaya atau disingkat Bradanaya merupakan serangkaian proses yang harus ditempuh oleh mahasiswa baru FIB Unair dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-26 Agustus 2022 di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya dengan concern agar mahasiswa baru dapat lebih jauh mengenal FIB. Durasi yang hanya tiga hari itu menjadi tantangan bagi segenap panitia Bradanaya 2022 untuk dapat menciptakan masa orientasi yang humanis, penuh esensi, dan jauh dari stereotip negatif.

Ketua Bradanaya 2022 Bakdiyatul Mukarromah menyampaikan, Bradanaya tahun ini mengusung tema “Abhiseka Ing Anagata” yang memiliki arti “Sahabat dalam Masa Depan”. Tema ini merupakan titik awal bagi mahasiswa baru FIB Unair agar dapat menumbuhkan rasa persahabatan dan kekeluargaan.

“Tema Bradanaya tahun ini adalah “Abhiseka Ing Anagata” yang artinya Sahabat dalam Masa Depan”, jelas Bakdi.

Tak hanya sekadar ospek, Bakdi menjelaskan bahwa Bradanaya 2022 mengangkat isu utama yakni Culture and Climate Change. Maksud dari isu tersebut adalah bahwa kebudayaan merupakan suatu hal yang linier dengan perubahan iklim.

Tentu ada tantangan tersendiri ketika harus bergelut dengan isu tersebut, terutama bagi mahasiswa baru FIB. Climate change dianggap sebagai topik yang saintis bagi mahasiswa FIB yang ranahnya adalah sosial humaniora. Namun justru disitulah poinnya, ujar Bakdi. Mahasiswa baru diharapkan dapat berpikir kritis tentang isu yang sedang terjadi saat ini.

“Kebudayaan itu sebetulnya saling berkaitan dengan perubahan iklim. Ada hubungan timbal balik antara kedua hal tersebut dan fokus kita adalah bagaimana mahasiswa baru dapat menempatkan diri untuk berperan di dalamnya”, tutup Bakdi.

Penulis : Arizqa Novi Ramadhani

Editor : Primanda Andi Akbar