/Dauroh Tahfidz UKM-TQ, Kembali Digelar Setelah Dua Tahun Vakum
Sumber Foto : alumni.unair.ac.id

Dauroh Tahfidz UKM-TQ, Kembali Digelar Setelah Dua Tahun Vakum

Pelaksanaan Dauroh Tahfidz 9 yang diselenggarakan oleh UKM-Tahfidzul Qur’an (UKM-TQ) Universitas Airlangga berlangsung di Masjid ulul Azmi Kampus C Universitas Airlangga. Agenda yang telah vakum selama 2.5 tahun tersebut kembali digelar pada 7-12 agustus 2022.

Pada 7 agustus 2022 lalu rangkaian kegiatan dibuka. Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, serta sambutan-sambutan. Urutan sambutannya terdiri dari Ketua Panitia Dauroh 9 UKM-TQ, Ketua Umum UKM-TQ, serta Pelatih UKM-TQ.

Ketua pelaksana Dauroh Tahfidz 9 UKM-TQ, Muhammad Naqiyul Fu’ad mengungkapkan supaya peserta diberikan kemudahan dalam pelaksanaan dauroh selama 6 hari.

“semoga nantinya kita senantiasa diberikan kemudahan dalam setiap langkah yang kita jalani. asalkan niat kita karena Allah SWT itulah kuncinya”, ungkap Fu’ad.

Banyak hal yang dilakukan peserta atau santri dauroh UKM-TQ selama 6 hari pelaksanaan kegiatan. Mulai dari setoran hafalan Al-Qur’an di pagi hari, tasmi’an di siang hingga sore, serta kajian Al-Qur’an di malam hari. Perlu diketahui, tasmi’an merupakan kegiatan membaca Al-Qur’an yang dilaksanakan dalam kelompok dan disimak oleh rekan-rekan dalam satu kelompok tanpa ustadz. Berbeda dengan setoran yang berupa membaca hafalan Al-Qur’an kepada ustadz masing-masing.

Tercatat Dauroh tahfidz UKM-TQ yang digelar terakhir kali secara offline adalah pada periode 4, dauroh itu terlaksana pada 19-25 januari 2020. Kemudian, di akhir kegiatan, Ketua UKM-TQ, Ahmad Musyaddad berharap agar setelah acara Dauroh Tahfidz 9 berakhir para peserta dapat  terus menghafal Al-Qur’an.

“Harapannya jangan berhenti di Dauroh ini, Al-Qur’an merupakan kewajiban muroja’ah (mengulang-ulang hafalan) seumur hidup”, tutup Musyaddad.

Penulis : Danar Trivasya Fikri

Editor : Primanda Andi Akbar