/Psikologi Bina Desa, Wujud Peduli BEM Psikologi Pada Hari Anak
Sumber Foto : Istimewa

Psikologi Bina Desa, Wujud Peduli BEM Psikologi Pada Hari Anak

Dewasa ini, keberadaan Anak Berkebutuhan Khusus alias ABK kerap mendapat diskriminasi dan penghinaan dari masyarakat awam. Padahal dibalik kekurangan yang dimiliki ABK tersebut, tersimpan ribuan potensi dalam dirinya. Demikian yang ingin ditunjukkan oleh BEM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Psikologi Bina Desa atau PSIBI menjadi bagian dari program kerja Dari Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Psikologi Unair yang dihelat pada 22-24 Juli 2022 lalu. Giovanny Ocktavia, Kepala Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FPsi mengatakan kegiatan tersebut terlaksana di di SLB PKK Gedeg, Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Mojokerto.

“Karena desa itu punya SLB(Sekolah Luar Biasa, Red), target kamu juga anak disabilitas. SLB disana belum banyak diketahui orang, sehingga kurang interaksi, kurang informasi,” tutur Giovanny.

Dilansir dari laman pemkab Mojokerto, Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, dimana luas wilayah seluruhnya adalah 969.360 Km2 atau sekitar 2,09% dari luas Provinsi Jawa Timur. Terdapat 5 SLB di kabupaten itu, diantaranya SLB PKK Gedeg.

Lebih lanjut, sasaran dari program tersebut adalah masyarakat sekitar serta anak-anak SLB di desa tersebut. Giovanny mengungkapkan kegiatan tersebut sebagai pengamalan ilmu dari perkuliahan di kampus.

“Pengmas Psikologi ingin agar sasarannya dekat dengan kegiatan perkuliahan sehari-hari. Karena sudah mendapat ilmu di kuliah tentang abk, tujuannya subjeknya yaitu berkebutuhan khusus,” ungkap Giovanny.

Yang menarik dari program kerja tersebut adalah bertepatan dengan hari anak yang jatuh pada 23 juli. Meski begitu, inti dari PSIBI tidak hanya berfokus pada pemberdayaan anak ABK, melainkan juga equality campaign atau kampanye kesetaraan gender.

“Harapannya dapat menunjukkan kepada masyarakat pola pengasuhan yang benar, memperkenalkan beda gender dan  jenis kelamin,” tegas Giovanny.

Penulis : Danar Trivasya Fikri

Editor   : Primanda Andi Akbar  

Sumber:

  • Wawancara eksklusif kadep Pengmas BEM FPsi (Kamis, 28 Juli 2022)
  • https://datasekolah.net/daftar-sekolah-luar-biasa-slb-recommended-di-mojokerto/
  • https://mojokertokab.go.id/datastatistik/pendidikan