/Angkat Permasalahan Minat Baca, SOSMA-LH BEM Vokasi Gelar Sahabat Literasi
Sumber Foto : Istimewa

Angkat Permasalahan Minat Baca, SOSMA-LH BEM Vokasi Gelar Sahabat Literasi

Kementerian SOSMA-LH BEM Vokasi mengadakan program kerja “Sahabat Literasi” di Kelurahan Sidotopo RT 05 RW 12, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya. Kegiatan tersebut berlangsung Sabtu, 11 dan 25 Juni serta Minggu, 12 dan 26 Juni dengan menghadirkan kegiatan berupa literasi digital.

Faza Aula Syakira selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa latar belakang dari diadakannya program kerja tersebut adalah karena terdapat survey dari UNESCO yang menghasilkan data bahwa minat baca masyarakat Indonesia sangatlah rendah yakni hanya 0,001%.

“Dari 1000 orang Indonesia, hanya satu orang saja yang memiliki minat baca tinggi. Riset  bertajuk “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, menunjukkan bahwa Indonesia dinyatakan menduduki peringkat 60 dari 61 negara yang memiliki minat baca rendah. Ini artinya, Indonesia persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). Padahal, dari segi infrastruktur pendukung kegiatan literasi, peringkat Indonesia berada di atas negara- negara Eropa. Maka dari itu, Kementerian SOSMA–LH BEM Fakultas Vokasi membuat program kerja Sahabat Literasi untuk meningkatkan minat baca pada anak-anak terutama di daerah Sidotopo,” ungkap Faza.

Mahasiswa angkatan 2020 tersebut berharap program kerja yang telah dilaksanakan dapat menjadi kesempatan untuk mengimplementasikan nilai-nilai dari tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat.

“Harapannya kegiatan ini dapat menjadi kesempatan yang baik untuk saling belajar dan menerapkan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dapat memberikan hasil positif bagi seluruh pihak yang terlibat,” tutup Faza.

Penulis : Primanda Andi Akbar

Editor : Primanda Andi Akbar