/Demi Mewujudkan Solidaritas dan Pemberdayaan bagi Anak Disabilitas, Kemenkes BEM Unair Gelar Kita Sama
Sumber Foto : Istimewa

Demi Mewujudkan Solidaritas dan Pemberdayaan bagi Anak Disabilitas, Kemenkes BEM Unair Gelar Kita Sama

Kementerian Kesehatan BEM Universitas Airlangga menggelar program kerja “Kita Sama” di  YPAC Semolowaru, SLB Bangun Bangsa Surabaya, dan SLB Tuna Rungu Karya Mulia Surabaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menggali potensi dari teman disabilitas dan menumbuhkan kepercayaan diri sebagai semangat menjalani hidup walaupun dalam banyak keterbatasan meraih cita-cita.

Pada kegiatan hari pertama yang berlangsung (20/5) di YPAC Semolowaru terdapat pelatihan kreativitas seperti melukis, membuat pohon harapan, menyanyi bersama, pembagian bingkisan hadiah, serta foto bersama.

Kemudian, kegiatan hari kedua (3/6) di SLB Bangun Bangsa Surabaya dan hari ketiga (9/6) di SLB Tuna Rungu Karya Mulia Surabaya juga diisi dengan kegiatan yang sama dan tambahan beberapa kegiatan seperti bermain tebak-tebakan dan berdoa bersama.

Yulia Damayanti selaku ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan jika persiapan program “Kita Sama” telah dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelum kegiatan dimulai.

“Seperti perancangan kreativitas apa yang akan ditampilkan jauh-jauh hari termasuk juga persiapan closing kegiatan,” ungkap Yulia Damayanti.

Lalu, saat ditanya mengenai hambatan dalam pelaksanaan kegiatan, mahasiswa Fakultas Vokasi tersebut menuturkan bahwa keterlambatan panitia menjadi masalah yang cukup signifikan. Selain itu, panitia juga terkadang kurang memahami bahasa isyarat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan anak-anak difabel.

“Keterlambatan panitia saat datang di acara mungkin yang menjadi penghambat kegiatan, selain itu banyak juga panitia yang kurang memahami bahasa isyarat peserta,” tutur Yulia Damayanti.

Perlu diketahui, agenda puncak dari program “Kita Sama” ini diperkirakan akan berlangsung pada bulan oktober di Aula Garuda Mukti Universitas Airlangga dan akan dihadiri oleh Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini.

Penulis : Danar Trivasya Fikri dan Satriyani Dewi Astuti

Editor   : Primanda Andi Akbar