/Ramaikan Amfiteater Baru, HMD Sasindo Gelar Pertunjukan Puisi
Sumber Foto : Hima Sasindo

Ramaikan Amfiteater Baru, HMD Sasindo Gelar Pertunjukan Puisi

Selesai dibangun sejak sebulan lalu, amfiteater yang berlokasi di Kampus B Universitas Airlangga mulai ramai dikunjungi mahasiswa. Bangunan untuk menonton pertunjukan dengan kursi bertingkat tersebut menjadi ikon baru kampus B setelah Tower AISEEC atau yang lebih dikenal dengan Gedung Syariah Tower. Penerangan lampu yang cukup serta akses lokasi strategis membuat amfiteater menjadi tempat baru mahasiswa untuk berkegiatan, salah satunya pertunjukan puisi yang diselenggarakan HMD Bahasa dan Sastra Indonesia pada (14/4).

Kepala Divisi Minat dan Bakat HMD Sasindo, Annisa Solihati, menerangkan pertunjukan puisi merupakan bagian dari program kerja rutin bulanan Etalase Penyair dengan tema yang berbeda setiap bulannya. Tetapi sejak pandemi, kegiatan tersebut hanya berlangsung secara virtual.

“Pelaksanaan etalase penyair pada masa pandemi beralih ke ruang virtual dengan menghadirkan tema yang berbeda setiap bulannya yang dilakukan dengan cara teman-teman Sasindo mengirimkan karya puisi mereka ke alamat email milik Divisi Minat dan Bakat. Setelah jangka waktu yang telah ditetapkan, dari beberapa judul puisi yang telah terkumpul akan dipilih satu karya untuk dipublikasikan di media sosial Divisi Minat dan Bakat maupun media sosial HMD Bahasa dan Sastra Indonesia”, terang Annisa.

Annisa mengungkapkan pelakasanaan program Etalase Penyair selalu mengadakan pertunjukan puisi secara langsung di depan lobi Fakultas Ilmu Budaya sebelum adanya pandemi.

“Menjadi bagian dari Angkatan 2020 membuat saya tidak bisa menyaksikan langsung bagaimana proses pelaksanaan program kerja etalase penyair di kampus dikarenakan adanya pandemi, sehingga berdasarkan informasi yang pernah saya dapat, pelaksanaan etalase penyair sebelum pandemi dilakukan dengan gambaran kegiatan berupa teman-teman Sasindo yang membacakan puisi secara langsung di lobi Fakultas Ilmu Budaya pada waktu yang telah ditentukan”, ungkap Annisa.

Annisa juga menuturkan sejak tahun lalu Etalase Penyair berkolaborasi dengan Divisi Pengabdian Masyarakat HMD Sasindo melalui program kerja Rabbani di bulan ramadan.

“Kolaborasi antara program kerja Rabbani dan Etalase Penyair dimulai dari pembagian takjil kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar area Kampus B Universitas Airlangga. Dilanjutkan dengan acara buka bersama antara pengurus HMD Bahasa dan Sastra Indonesia dengan teman-teman Sasindo yang lain. Setelah selesai berbuka, dilanjutkan dengan pelaksanaan program kerja Etalase Penyair sebagai pengisi sekaligus penutup dari serangkaian acara antara program kerja Rabbani dan Etalase Penyair”, tuturnya

Pertunjukan puisi tidak hanya diramaikan oleh mahasiswa program studi Bahasa dan Sastra Indonesia saja, tetapi beberapa mahasiswa program studi lain seperti Ilmu Politik dan Ilmu Sejarah juga turut menyumbang pembacaan puisi dalam acara itu. Dipilihnya amfiteater sebagai lokasi kegiatan menurut Annisa mampu menarik perhatian mahasiswa Unair untuk turut serta.

“Kami ingin memanfaatkan fasilitas kampus yang telah tersedia. Selain itu, letak amfiteater terbuka yang berada di dalam area kampus lebih mudah diakses oleh teman-teman mahasiswa serta dapat disaksikan juga oleh teman-teman dari luar Sasindo”, jelas Annisa.

Annisa juga berharap program kerja Etalase Penyair dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Unair khususnya Bahasa dan Sastra Indonesia mengasah bakat dalam berpuisi. 

“Kami berharap agenda rutin pelaksanaan Etalase Penyair yang sebelumnya dilakukan satu bulan sekali secara offline dapat kembali terlaksana dan dengan adanya amfiteater terbuka juga diharapkan mampu dimanfaatkan oleh teman-teman Sasindo untuk mengasah bakat berpuisi mereka dihadapan umum”, pungkas Annisa.

Penulis : Mutiara R. J.

Editor : Petrus Perlindungan Zai