/Ada Sosok Komika di LKMM TM Periode 1, Siapakah Dia?
Sumber Foto : Dirmawa Unair

Ada Sosok Komika di LKMM TM Periode 1, Siapakah Dia?

Direktorat Kemahasiswaan mendatangkan Pulung Siswantara, S. KM., M.Kes di kegiatan LKMM tingkat menengah periode 1 di Samara Hotel, Batu, Jawa Timur. Pulung Siswantara merupakan dosen sekaligus komika yang pernah mengikuti acara Stand Up Comedy di Kompas TV.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 3 hari 2 malam tersebut, Pulung Siswantara S. KM., M.Kes menjelaskan materi mengenai “Klasifikasi dan Perumusan Masalah Organisasi, serta Pengembangan Alternatif Solusi”. Beliau mengatakan dalam menjalannkan organisasi sangat diperlukan cara-cara yang matang untuk menyelesaikan permasalahan internal.

“Dalam suatu organisasi, diperlukan langkah-langkah strategis untuk menyelesaikan permasalahan yang disebabkan oleh konflik-konflik tertentu seperti mencari akar permasalahan, melakukan diskusi, terbuka terhadap kritik dan saran, menentukan jalan keluar terbaik bagi kesejahteraan bersama, serta melakukan evaluasi,” ungkap Pak Pulung (sapaan akrab).

Akademisi Fakultas Kesehatan Masyarakat tersebut juga menambahkan bahwa faktor-faktor penyebab masalah organisasi itu sering diakibatkan karena beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya kepercayaan antar anggota maupun pengurus.

“Kurangnya kepercayaan menjadi salah satu penyebab konflik dalam sebuah organisasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang ada beberapa individu yang merasa bahwa dirinya bisa menyelesaikan segalanya dalam sebuah organisasi sehingga ia agak terkesan meremehkan kemampuan anggota-anggota lain. Ini masalah sederhana tapi bisa membahayakan kinerja organisasi,” tambah Pak Pulung.

Selain menjelaskan materi, Pak Pulung pun sedikit bercerita mengenai pengalamannya yang membantu salah satu pelawak legenda Jawa Timur, Kartolo untuk melestarikan budaya ludruk.

“Saya pernah membantu membuatkan akun youtube untukseniman lawak Jawa Timur,Cak Kartolo. Waktu itu tujuannya yaitu untuk melestarikan budaya ludruk yang semakin hari mulai terkikis. Saya dan kawan-kawan juga melakukan analisis perencanaan yang matang agar project yang kami lakukan ini bisa berhasil,” tutur Pak Pulung.

Memang, pria kelahiran 24 April 1982 itu selain berprofesi sebagai seorang pengajar. Beliau juga dikenal oleh masyarakat awam sebagai komika dan pelawak yang sering muncul dalam program-program komedi di televisi lokal maupun nasional.

Penulis : Primanda Andi Akbar

Editor   : Petrus Perlindungan Zai