Sempat Tujuh Tahun Tak Punya Ruang di SC, Kini UKM Catur Punya Sekre Baru

Setelah lebih dari tujuh tahun berdiri, kini UKM Catur sudah memiliki sekretariat baru di Student Center, kampus C. Memang, keberadaan sekretariat merupakan hal yang krusial bagi organisasi semacam UKM. Bangunan tersebut biasanya digunakan sebagai titik kumpul para anggota sekaligus ‘safe place’ pengarsipan piala dan segala macam kebutuhan organisasi.

Ketua UKM Catur, Gracelia Pramesthi Samekto menjelaskan bahwa kegiatan UKM Catur ketika offline sempat bertempat di galeri FISIP, sementara selama pandemi kegiatan masih dilakukan melalui zoom dan lichess (server online yang memungkinkan untuk bermain catur bersama).

“Kegiatan kami saat offine dulu bertempat di galeri FISIP, sedangkan selama pandemi kegiatan dilakukan melalui zoom dan lichess,” ungkap Gracelia (panggilan akrab).

Keberadaan sekretariat baru memungkinkan untuk lebih memudahkan UKM Catur dalam menjalankan agenda-agendanya, terlebih lagi organisasi ini telah aktif mengikuti berbagai kompetisi dan menorehkan beberapa prestasi diantaranya, Best College (team Unair) dalam kejuaraan Penang Chess League Online Team Tournament 2020, Juara 2 pada Telon Kenthi Cup 2019, 10 Besar pada Kejuaraan Catur Polban 2019, dan peraihan juara dalam Grand Asian Chess Championship (GACC) 2017.

Selain itu, UKM Catur juga mempunyai satu program kerja besar bernama Airlangga Chess Tournament yang merupakan kompetisi catur tingkat nasional. Dalam waktu dekat, Airlangga Chess Tournament tahun 2022 jika memungkinkan akan dilaksanakan secara offline dengan memperhatikan situasi dan kondisi pandemi.

“Rencananya Airlangga Chess Tournament tahun ini akan dilaksanakan secara offline, tetapi kita juga tetap mempertimbangkan situasi dan kondisi pandemi,” tambah Gracelia.

Perlu diketahui, bahwa UKM Catur mendapatkan sekretariat baru melalui surat dari Direktorat Kemahasiswaan Nomor 388/UN3.4/KM/2022. Tidak hanya UKM Catur, ukm-ukm lain seperti UKM Tenis Meja, UKM Aquatic, dan UKM Debat juga mendapatkan sekretariat baru melalui surat yang sama.

Penulis : Alma Dhyan Kinansih dan Primanda Andi Akbar

Editor   : Primanda Andi Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *