/Pertama Kali, Unair Jadi Tuan Rumah Musyawarah Nasional HIMATEKHAPINDO
Sumber Foto : Tangkapan Layar Zoom Meeting's

Pertama Kali, Unair Jadi Tuan Rumah Musyawarah Nasional HIMATEKHAPINDO

Universitas Airlangga menjadi tuan rumah dalam Musyawarah Nasional HIMATEKHAPINDO ke III pada Jumat (25/4). Acara yang digelar melalui zoom meeting dan live streaming youtube tersebut dihadiri oleh delegasi mahasiswa program studi Teknologi Hasil Perikanan dari seluruh Universitas se-Indonesia.

Ketua Pelaksana, Tasya Amalia Madhengsan mengungkapkan Universitas Airlangga dipilih menjadi tuan rumah karena keputusan saat pelaksanaan forum di Musyawarah Nasional HIMATEKHAPINDO ke II di Universitas Sriwijaya.

“Tuan rumah dari pelaksanaan munas himatekhapindo sendiri merupakan keputusan dari forum pada saat munas ke II di Universitas Sriwijaya. Pada saat munas ke II, Universitas Airlangga sudah tergabung kedalam himatekhapindo melalui organisasi BEM, sehingga universitas airlangga dianggap anggota istimewa karena belum mempunyai hima. Kemudian, pada saat munas ke-II, Universitas Airlangga bersedia menjadi tuan rumah munas III pada periode 2022/2023,” ungkap Tasya.

Musyawarah Nasional HIMATEKHAPINDO merupakan kegiatan tahunan yang beragendakan penyampaian laporan pertanggung jawaban selama satu periode kepengurusan HIMATEKPHINDO. Adapun kegiatan-kegiatan di dalamnya berisi pembahasan Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART), Garis-Garis Besar Haluan Kerja (GGBHK) , dan pemilihan presiden beserta Badan Pengurus dan Pengawas Organisasi (BPPO) untuk kepengurusan selanjutnya.

Musyawarah Nasional HIMATEKHAPINDO telah digelar sebanyak 3 kali dengan  tuan rumah yang berbeda-beda. Musyawarah nasional pertama dilaksanakan tanggal 20-22 Februari 2020 di Universitas Gadjah Mada secara offline. Musyawarah nasional kedua dilaksanakan tanggal 12-14 Maret 2021 di Universitas Sriwijaya secara daring (online). Sementara, musyawarah nasional ketiga dilaksanakan tanggal 25-27 Maret 2022 di Universitas Airlangga secara daring (online).

Dalam kesempatannya menjadi tuan rumah, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga berusaha untuk memperkenalkan dan membranding dirinya kepada universitas-universitas lain agar semakin dikenal.

“Manfaat dari menjadi tuan rumah adalah untuk memperkenalkan dan membranding fakultas perikanan dan kelautan universitas airlangga. mengingat fpk merupakan fakultas yang masih berdiri sekitar 8 tahu, sehingga kesempatan menjadi tuan rumah dapat menjadikan fpk lebih dikenal dikalangan mahasiswa thp dari berbagai universitas. serta diharapkannya mahasiswa fpk unair dapat lebih banyak tergabung ke dalam susunan kepengurusan himatekhapindo selanjutnya,” tambah Tasya.

Perlu diketahui, HIMATEKHAPINDO merupakan Gabungan Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan dari seluruh Universitas yang ada di Indonesia, termasuk Himatekhikan milik Universitas Airlangga juga tergabung di dalamnya.

Penulis : Primanda Andi Akbar

Editor   : Petrus Perlindungan Zai