/HISNIGHT 2022: Pamerkan Barang Antik Museum Sejarah FIB Hingga Kenalkan Seni Cukil
Sumber Foto : HMD Ilmu Sejarah

HISNIGHT 2022: Pamerkan Barang Antik Museum Sejarah FIB Hingga Kenalkan Seni Cukil

Dies Natalies ke-24 Departemen Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga dirayakan dengan meriah melalui salah satu program kerja baru dari Departemen Minat dan Bakat HMD Ilmu Sejarah, Bernama History Night Unair (HISNIGHT) 2022. Acara diselenggarakan pada tanggal 17-19 Maret 2022 yang berlokasi di Samata House Surabaya.

Jonathan Manurung, ketua pelaksana HISNIGHT 2022 menerangkan konsep acara yang diusung mengangkat tema “A Celebration of The Urban Story” dengan memamerkan barang antik milik Museum Sejarah dan Budaya FIB Unair dan seni fotografi.

“Kita menyesuaikan fokus kajian Ilmu Sejarah Unair yang membahas sejarah perkotaan. Oleh karena itu kita menyesuaikan dengan tema HISNIGHT 2022 ini”, terang Jonathan.

Menurut Jonathan, pameran barang antik menjadi salah satu ajang untuk memperkenalkan prodi Ilmu Sejarah pada publik sekaligus koleksi dari Museum Sejarah dan Budaya FIB Unair. Pameran barang antik tersebut mendapat tanggapan positif dari para dosen.

“Dosen mengapresiasi pameran barang antik dari Museum Sejarah ini, dan dosen juga mendukung agar banyak orang mengetahui barang-barang yang kita pamerkan supaya secara tidak langsung mereka mengetahui juga prodi Ilmu Sejarah”, ungkap Jonathan.

HISNIGHT 2022 juga mengadakan Workshop “Eksistensi Seni Cukil di Masyarakat Urban” secara daring oleh narasumber pegiat seni cukil, Cak Ipung pada (17/03). Seni cukil diperkenalkan kembali sebagai salah satu kesenian yang dahulu pernah eksis pada 1950-1960.

“Seni cukil ini merupakan sebuah seni yang memiliki makna dan nilai sejarah tinggi, pernah eksis di tahun 50-60an. Mereka di zaman itu menuangkan aspirasinya, melakukan perlawanan kepada peemerintah itu melalui seni cukil tersebut. Jadi kami mengangkat tema seni cukil ini agar masyarakat dapat mengetahui kembali karena seni ini sudah ditinggalkan dan tergerus zaman”, jelas Jonathan.

Ketua HMD Ilmu Sejarah, Pradit Firmansyah, menerangkan acara HISNIGHT baru diselenggarakan pertama kalinya tahun ini dengan menampilkan pameran karya mahasiswa Ilmu Sejarah Unair berupa karya seni lukis dan puisi. Acara tersebut selain mengenalkan seni cukil, pameran barang antik, hingga lomba fotografi juga menghadirkan Weekdays dan Croud pada malam puncak (19/03).

“Acara ini berjalan cukup baik dan mendapat feedback yang luar biasa dari teman-teman Ilmu Sejarah dan bapak ibu dosen. Mungkin untuk tahun depan harapan saya, ini bisa merangkul semua pihak di FIB dalam proker ini”, pungkas Pradit.

Penulis : Mutiara R. J.

Editor   : Primanda Andi Akbar