DPPKA Datangkan Reza Maulida dalam Program Pengembangan Bisnis Mahasiswa

DPKKA menyelenggarakan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Bootcamp pada Sabtu (5/3) melalui patform zoom dan streaming youtube. Program tersebut mengusung tema “Building Purposeful Business in Digital Area” dan mendatangkan narasumber Reza Maulida selaku pegiat bisnis.

Reza Maulida memberi materi tentang operation management bussines. Menurut pemaparannya, dalam menjalannkan suatu operasi bisnis, terdapat konsep SIPOC – P (Supplier, Input, Proccess dan Output), yang berguna untuk menentukan tujuan bisnis yang akan dijalannkan serta terdapat proses penciaptaan suatu produk yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu idea development, concept development, dan concept to launch.

“Kalau contoh di New Development Product (NDP) ada konsep SIPOC – P (Supplier, Input, Proccess dan Output) dan beberapa cara yang harus ditempuh yaitu ideation, concept development, product/service development, prototype, production trial dan launch preparation, serta commercialization,” ucap Reza saat menjelaskan tentang langkah-langkah penciptaan suatu produk.

Reza pun menambahkan dalam pembuatan suatu produk juga harus memperhatikan segi kualitas. Beberapa aspek yang perlu dilihat dari unsur kualitas adalah performance, aesthetic, special features, safety, reliability, durability, perceived quality dan service after sale.

“Ada beberapa aspek yang perlu dilihat ketika membicarakan kualitas produk yaitu adalah performance, aesthetic, special features, safety, reliability, durability, perceived quality serta service after sale. Delapan aspek ini harus benar-benar bisa dilihat oleh para pelaku bisnis, agar di kemudian hari bisnis yang dijalannkan bisa berkembang dengan baik,” tambah Reza.

Penulis : Melinda Kusuma Ningrum

Editor   : Primanda Andi Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *