Asal-Usul Keberadaan Pengeras Suara di Masjid

Toa masjid merupakan alat yang identik digunakan untuk memperbesar suara adzan dan iqamah. Selain itu, perangkat pengeras suara ini difungsikan juga untuk pengumuman gotong royong, berita kematian, dan lain sebagainya. Toa masjid menjadi sarana bagi umat muslim agar selalu bisa menunaikan ibadah secara bersama-sama.

Jika ditinjau secara historis, pengeras suara untuk menyuarakan adzan mulai dikenal secara luas di Indonesia pada tahun 1930-an. Dilansir dari historia.id, Masjid Agung Surakarta adalah masjid pertama yang dilengkapi pengeras suara. Waktu itu, orang-orang baratlah yang memperkenalkan pengeras suara kepada orang-orang pribumi, seiring dengan masuknya jaringan listrik di Indonesia

Kemudian, seiring berkembangnya zaman, saat pengeras suara sudah menyemarak di masjid-masjid dan digunakan untuk panggilan adzan. Justru, orang-orang barat mulai tidak suka. Mereka menganggap suara adzan yang keluar dari pengeras suara tersebut mengganggu aktivitas sehari-hari. Dari situlah mulai muncul perdebatan tentang penggunaan pengeras suara di masjid.

            Orang-orang Indonesia sering menyebut pengeras suara di masjid dengan kata toa. Padahal sebenarnya, toa adalah sebuah merk dagang dari sebuah perusahaan alat elektronik asal Jepang yang masuk ke Indonesia pada 1960-an. Awalnya masyarakat pribumi suka dengan produk pengeras suara buatan perusahaan dengan merk dagang toa, lambat laun pengeras suara tersebut diberi nama sendiri oleh masyarakat pribumi dengan sebutan toa, karena menyesuaikan dengan merk dagang perusahaan yang menciptakannya. Dengan cepat, toa pun akhirnya berhasil menjadi pengeras suara paling terkenal di Indonesia.

Penulis : Noer Laila Aprilia

Editor   : Primanda Andi Akbar

Daftar Pustaka

Historia.id. (2018). Awal Mula Pengeras Suara di Majid (daring). Link : https://historia.id/agama/articles/awal-mula-pengeras-suara-di-masjid-Dr9rl/page/1.

Kumparan.com. (2018). Asal Usul TOA dan Ada Masjid Pernah Mengharamkan (daring). Link : https://kumparan.com/kumparannews/asal-usul-toa-dan-ada-masjid-pernah-mengharamkan/full.

Koropak.co.id. (2022). Sejarah Toa dan Penggunaannya di Indonesia (daring). Link : https://news.koropak.co.id/17617/sejarah-toa-dan-penggunaannya-di-indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *