Kini FPK Punya Himpunan Mahasiswa Jurusan

Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) melakukan pelantikan organisasi mahasiwa (Ormawa) Rabu (15/2/22) lalu.  Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan,  Moch Amin Alamsyah meresmikan Himpunan Mahasiswa Akuakultur (HIMAKUA) dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan (HIMATEKHIKAN).

Sejak berdirinya FPK pada 2008 lalu, baru tahun ini dapat membangun ormawa yang menaungi dua jurusan yang ada.

Ketua HIMATEKHIKAN, Miftakhul Ulum mengatakan berdirinya himpunan mahasiswa ini karena mahasiswa FPK menginginkan adanya wadah untuk mengembangkan diri dalam lingkup yang spesifik.

   “Yang menjadi latar belakang dibentuknya hima ini yaitu karena banyak mahasiswa ingin mempunyai wadah yang ruang lingkupnya lebih spesifik terhadap jurusan masing-masing, karena tidak semua mahasiswa yang berani terjun ke organisasi yang mungkin cakupannya besar,” ujarnya saat diwawancara melalui Whatsapp, Jumat (18/2/22).

Menurutnya dengan adanya himpunan mahasiswa tiap jurusan, mahasiswa dapat mengeksplor lebih jauh potensi yang ada dalam tiap program studi.

“Khususnya yang prodi THP ini sudah tergabung dalam Himatekhapindo (Himpunan Mahasiswa THP Indonesia), sudah seharusnya kita mempunyai himpunan sendiri,” jelas Ulum, sapaan karibnya.

Kemudian, Ulum menceritakan pihak yang mempelopori berdirinya HIMAKUA dan HIMATEKHIKAN adalah mahasiswa FPK sendiri.

  “Hima ini sudah menjadi cita-cita mahasiswa FPK dari tahun-tahun sebelumnya dan sudah ada rancangan,” ia bercerita.

“Dulu, langkah pertama yang dilakukan adalah advokasi kepada Direktorat Kemahasiswaan di tahun 2018, sampai akhirnya baru bisa terealisasi ditahun ini dengan dengan bantuan yakni BEM dan BLM serta panitia pembentukan Hima FPK,” tambah Ulum.

HIMAKUA mempunyai enam divisi dalam struktur organisasinya. Enam divisi tersebut, Medinfo (Media dan Informasi), Hublu (Hubungan Luar), PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia), Ristek (Riset dan Teknologi), Semikat (Seni, Minat, dan Bakat), serta Ekraf (Ekonomi Kreatif).

Sementara itu, HIMATEKHIKAN mempunyai tujuh divisi yang terdiri dari Ristek (Riset dan teknologi), Medinfo (Media dan informasi), Kesma (Kesejahteraan mahasiswa), Ekraf (Ekonomi Kreatif), Sosma (Sosial Masyarakat), Hublu (Hubungan Luar) dan Semikat (Seni, Minat, serta Bakat).

Penulis : Primanda Andi Akba
Editor : Tata Ferliana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *