Mahasiswa FISIP Jadi Perwakilan UNAIR di Konferensi Internasional Istanbul Youth Summit

‘Istanbul Youth Summit’ sebuah kegiatan akademis yang dipelopori oleh Youth Break the Boundaries (YBB)akan berlangsung mulai tanggal 14 Februari 2022-17 Februari 2022. Kegiatan ini akan berlangsung di Turki, Istanbul yang menargetkan adanya partisipasi aktif dari pelajar atau mahasiswa dari berbagai negara dengan kriteria umur 17-22 tahun.

Thoriq Haidar yang berasal dari Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, menjadi delegasi dari Universitas Airlangga untuk menghadiri acara tersebut.

“Istanbul Youth Summit bertujuan untuk membangun semangat kepemimpinan seorang pemuda untuk menyongsong masa depan yang lebih baik”, ujar Thoriq saat diwawancara pada Selasa (08/02).

Kegiatan ‘Istanbul Youth Summit’ dilaksanakan dengan agenda pertemuan antar seluruh pemuda di dunia dan nantinya akan ada pembahasan mengenai isu kontemporer seperti lingkungan, kesehatan, atau pendidikan.

“Kegiatan ini juga mempertemukan seluruh anak muda dari tiap-tiap negara untuk berdiskusi dan mengambil tindakan terkait lingkungan, kesehatan, dan pendidikan yang ada di sekitar kita guna melindungi dan memberdayakan kaum muda dalam membangun bangsa”, lanjutnya.

Thoriq membeberkan hal-hal yang harus disiapkan untuk dapat mendaftarkan diri pada kegiatan ‘Istanbul Youth Summit’ seperti pengerjaan esai yang ditulis menggunakan bahasa Inggris. Adapun isi esai yang ditulis ialah tentang perancangan social project.

“Pada saat itu, saya sendiri membuat proyek sosial yang bertujuan untuk menstimulus anak muda agar bisa membangun pendidikan yang ada di Indonesia. Terdapat berbagai sub bidang didalam proyek ini seperti ekonomi, kesehatan mental, kesehatan, hingga pendidikan dan saya sendiri terlibat didalam bidang pendidikannya”, tambah Thoriq.

Tidak berhenti sampai disitu, mahasiswa Angkatan 2020 ini menjelaskan bahwa ia harus membuat video tentang project sosial yang dibuat dan dipresentasikan pada tahap wawancara kepada pihak panitia.

“Pada seleksi wawancara saya membuat video yang menjelaskan tentang proyek sosial tersebut dalam bahasa inggris juga menjelaskan mengapa saya kemudian mengikuti kegiatan ini. Alhamdulillahnya, nama saya tertera menjadi peserta dari Istanbul Youth Summit itu sendiri”, tutupnya.

Penulis : Ehren Dean Mahanaim

Editor   : Primanda Andi Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *