/Ketua HC Unair Ungkap Mahasiswa Perlu Kawal Permendikbud PPKS
Tangkapan Layar Zoom Meeting's

Ketua HC Unair Ungkap Mahasiswa Perlu Kawal Permendikbud PPKS

Departemen Kajian Isu Strategis BEM Psikologi Unair menyelenggarakan Forum Diskusi bertema “ Permendikbud PPKS disahkan : Sudahkah Unair siap?”. Diskusi ini diadakan melalui media zoom meeting pada (11/12) dan mengundang Ketua Help Center Universitas Airlangga, Dr. Liestianingsih Dwi Dayanti, Dra., M.Si. serta Staff Ahli Advokasi Kementerian  KPKG BEM FISIP UNAIR, Yulia Salsabila sebagai pemantik.

Dalam diskusi itu, Dr. Liestianingsih Dwi Dayanti, Dra., M.Si. menyampaikan bahwa Universitas Airlangga sudah selangkah lebih maju dalam merespon Permendikbud PPKS. Klaim ini didasarkan atas tersedianya SOP PPKS yang telah diselesaikan pada bulan Agustus sebelum munculnya Permendikbud PPKS yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbud RI).

Lebih lanjut,  Dr. Liestianingsih Dwi Dayanti, Dra., M.Si. yang juga merupakan tim penyusun Buku Saku SOP PPKS Unair  menjelaskan bahwa terkait implementasi dan pembentukan satuan tugas merupakan hak penuh dari rektorat. Beliau mengajak seluruh mahasiswa untuk mengawal serta ikut berpartisipasi dalam upaya proses ini.

“Saya mengajak teman-teman ikut mengawal ini agar segera terimplementasi terutama teman-teman dari BEM, teman teman juga terus mengawal agar semua ini dapat segera terealisir. Mungkin adik-adik mahasiswa yang dapat mengawal implementasi dari Permendikbud-Ristek ini”, ucap Dr. Liestianingsih (panggilan akrab).

Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi itu pun menambahkan bahwa respon terhadap adanya Permendikbud PPKS tidak cukup dengan buku panduan, tetapi harus memerlukan adanya satgas sebagaimana tertera dalam Permendikbud PPKS.

“Dalam peraturan kemendikbud itu selain buku panduan, salah satu syaratnya itu harus ada satgas. Dan satgas ini sedang diproses dan itu menjadi kewenangan rektor yang melibatkan seluruh elemen kampus”, tambah Dr. Liestianingsih.

Di akhir, acara diskusi ditutup dengan pernyataan yang disampaikan oleh Staff Ahli Advokasi Kementerian  KPKG BEM FISIP UNAIR, Yulia Salsabila. Dia mengemukakan pentingnya seluruh mahasiswa ikut mendukung adanya implementasi Permendikbud ini.

“Harapannya kita mengajak seluruh mahasiswa UNAIR mendukung implementasi Permendikbud PPKS ini”, ujar Yulia.

Penulis : Petrus Perlindungan Zai

Editor   : Primanda Andi Akbar