Pandemi COVID-19 Belum Usai, Universitas Airlangga Ikhtiar Berikan Kontribusi Nyata Untuk Masyarakat

Universitas Airlangga yang bekerjasama dengan Kompas.id membuat acara webinar bertajuk “Meraih Prestasi dikala Pandemi”.  Acara ini diselenggarakan melalui aplikasi zoom dan live streaming youtube pada Kamis (9/12/2021) dengan mengundang dua pemateri, Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA – Rektor UNAIR, dan Drs. Sriyono, MM,Msi – Kabid Kedaruratan & Logistik BPBD Jatim.

Di sesi awal webinar, Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA menjelaskan mengenai kontribusi Universitas Airlangga dalam penanggulangan wabah COVID-19, seperti penelitian yang terfokus pada penyelesaian masalah pandemik, penyediaan obat-obatan, dan perawatan pasien.

“Penelitian kami pun dilakukan dengan lebih fokus lagi, semua komponen berfokus pada pemecahan persoalan penyelesaian pandemik, mulai dari dari penyediaan obat-obatan, penanganan pasien secara efisien, dan lain-lain”, ucap Prof. Nasih (panggilan akrab).

Rektor Universitas Airlangga tersebut juga menyampaikan bahwa pandemik merupakan sebuah tantangan, sekaligus panggung untuk menunjukan jati diri khususnya dalam implemetasi tridarma perguruan tinggi untuk berkontribusi secara riil kepada masyarakat.

“Pandemik ini memberikan panggung yang lebih luas bagi implementasi tridarma perguruan tinggi dengan berkontribusi secara riil bagi masyarakat. Ini juga mendapatkan respon dengan berbagai pengakuan dan penghargaan dari dunia internasional” jelas Prof. Nasih.

Dalam kesempatan yang sama, Drs. Sriyono, MM,Msi selaku Kabid Kedaruratan & Logistik BPBD Jatim menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Universitas Airlangga karena kebanyakan relawan Rumah Sakit di Jawa Timur berasal dari lulusan Universitas Airlangga, baik yang berprofesi sebagai dokter ataupun perawat.

“Saya menyampaikan apresiasi dan sangat terimakasih kepada Universitas Airlangga keberadaan Rumah Sakit Lapangan di Jawa Timur kebanyakan relawannya dari lulusan Universitas Airlangga, baik dokter maupun perawatannya” ujar Sriyono.

Beliau pun menyampaikan bahwa Universitas Airlangga sangat membantu Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam penanganan vaksin yang dilakukan secara massal. Terlebih dalam inisiatif untuk membuat vaksin merah putih sebagai salah satu produk anak bangsa yang sedang dikembangkan.

“Bahwa satu satunya Universitas yang saat ini sudah membuat vaksin merah putih yang saat ini sedang dipersiapkan. Penghargaan yang sangat luar biasa atas pengembangan vaksin merah putih yang telah menjalani uji klinis dan mendapat penghargaan sekaligus vaksin karya anak bangsa” tutupnya.

Penulis : Petrus Perlindungan Zai

Editor   : Primanda Andi Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *