Adakan Festival Desa, BEM Unair Ajak Masyarakat Membangun Desa

Foto Kegiatan Festival Desa 2021. Dok. Panitia Festival Desa 2021

Kementerian Pengembangan Desa Mitra BEM Universitas Airlangga(Unair) mengadakan program kerja  “Festival Desa” yang digelar pada tanggal 11-14 November 2021 di Dusun Jolosutro, Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Menteri Pengembangan Desa Mitra, Muhammad Irsyad Setiawan mengatakan bahwa program kerja ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat di sekitar sana dan untuk mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi.

“Tujuan dari diselenggarakannya festival desa adalah sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat sekitar wilayah Jolosutro dalam program-program yang diadakan sekaligus sebagai perwujudan salah satu tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat,” ucap Irsyad, Senin (15/11) pada LPM Mercusuar.

“Festival Desa” berlangsung selama 4 hari dan terdapat beberapa rangkaian kegiatan seperti lomba essay community development plan, pengajaran siswa SD, pelatihan pembuatan produk berbahan dasar pisang, medical check up, revitalisasi pantai, vaksinasi massal, lomba memasak bagi para ibu-ibu, dan festival makan ikan.

”Serangkaian kegiatan yang ada dalam festival desa diantaranya Lomba essay community development plan yang digunakan sebagai wadah untuk membantu para mahasiswa terpelajar menuangkan pemikirannya dalam upaya peningkatan taraf hidup warga sekitar Jolosutro, dan tidak lupa juga kegiatan pengabdian itu sendiri,” tegas Irsyad.

Kemudian, Muhammad Irsyad Setiawan juga mengungkapkan bahwa penerimaan warga di Dusun Jolosutro, Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar terhadap program “Festival Desa” sangat baik. Masyarakat di sana antusias dalam membantu para mahasiswa untuk mengerjakan rancangan serta konsep dari agenda yang telah dibuat.

“Warga di sana menyambut dengan antusias mengingat BEM UNAIR sendiri telah bermitra selama kurang lebih 5 tahun, dimana penyelenggaraan Fesdes ini menjadi momentum yang dinanti oleh masyarakat sekitar, hal ini dibuktikan dengan banyaknya warga yang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam rangkain Fesdes 2021”, ungkap Irsyad.

Di akhir, mahasiswa Angkatan 2018 Sastra Indonesia ini berharap agar program “Festival Desa” bisa memberikan dampak nyata bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia di Dusun Jolosutro, Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar.  

“Selain itu, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan mahasiswa pengalaman belajar dan bekerja secara langsung dalam menghadapi berbagai persoalan yang ada dalam masyarakat dan dapat meningkatkan kepekaan sosial mereka terhadap sekitar,” harap Irsyad menutup 

Penulis : Primanda Andi Akbar

Editor : Tata Ferliana 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *