Efektifkah Ospek Online di Masa Pandemi?

Universitas Airlangga baru saja melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Setelah melaksanakan pengukuhan mahasiswa baru pada Senin, 30 Agustus 2021, Universitas Airlangga kini melangsungkan program Amerta. Acara ospek yang sebelumnya berlangsung secara offline tersebut, kini harus berubah sistem menjadi online. Perubahan ini dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Perubahan sistem acara dari offline menjadi online tentu membawa dampak bagi pihak-pihak yang terlibat di acara Amerta.

Menurut Ketua Amerta, Fitratul Insani, rangkaian acara Amerta berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini dilangsungkan secara online.

“Beberapa hal lain harus didesain ulang agar bisa disesuaikan dari offline menjadi online,” ungkap Fitratul Insani saat dihubungi melalui pesan WhatsApp pada Rabu (1/9).

KOC Amerta 2021 tersebut juga menganggap kondisi pandemi saat ini sebagai tantangan baru bagi seluruh panitia.

 “Kondisi ini (pandemi) jadi tantangan yang terbilang baru untuk panitia dalam mengemas Amerta. Tapi kami berusaha semaksimal mungkin agar nilai-nilai yang harus ditanamkan bisa sampai ke mahasiswa baru walaupun secara online,” imbuh Fitratul Insani.

Konsep Amerta tahun ini mengusung tema Kontribusi Nyata Ksatria Airlangga untuk Bangsa. Misi dari Amerta adalah meningkatkan adaptasi Ksatria Muda Airlangga dan mendorong upaya pemaknaan bagi mahasiswa agar dapat menjalankan peran sejatinya sebagai seorang mahasiswa yang prestatif dan kontributif. Mahasiswa diharapkan untuk senantiasa berjejak dan berdampak bagi individu lain maupun kehidupan sosial yang lebih luas.

Salah satu peserta Amerta 2021, Kristantina Noya Atunetty, mengungkapkan bahwa ospek online ini memiliki sensasi tersendiri bagi dirinya.

“Kalau online pasti ada plus minus menurut aku, plus-nya mungkin kita tidak merasa kepanasan atau capek lari-larian. Tapi minus-nya kurang efektif karena jika terkendala jaringan, maka akan susah untuk masuk room Zoom dan pasti tiba-tiba keluar sendiri, sehingga sering ketinggalan materi,” tulis Kristantina saat dihubungi melalui pesan WhatsApp pada Rabu (1/9).

Program Ospek Amerta yang dilangsungkan secara online tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, ospek dengan sistem online merupakan terobosan baru sebagai solusi pengenalan dunia kampus di masa pandemi.

Penulis: Melinda Kusuma Ningrum
Editor: Astri Irmaulidiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *