Kampanye Calon Ketua IKA UA, Dirjen Kemenlu Janji Libatkan Mahasiswa dalam Penyerapan Tenaga Kerja

Kampanye Calon Ketua IKA UA, Dirjen Kemenlu Janji Libatkan Mahasiswa dalam Penyerapan Tenaga Kerja

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Abdul kadir Jailani mencalonkan diri sebagai Ketua Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA). Melalui pemaparan visi misi dalam kampanye daring pada Jumat (25/6) ia menyampaikan pentingnya peran alumni bagi kampus.

Alumnus Fakultas Hukum Unair angkatan 1992 itu menyebut bahwa dalam indikator perangkingan kampus, jejak prestasi alumni menyumbang angka sebesar 25%. Sehingga, untuk mencapai target tersebut dapat didukung dengan memperkuat solidaritas antar alumni Unair.

“Semua faktor tersebut hanya bisa diwujudkan dengan adanya organisasi yang kredibel dan efektif, sehingga bila ingin meningkatkan Universitas Airlangga jadilah alumni yang unggul di tingkat nasional dan internasional,” tuturnya.

Menyinggung yang disampaikan Jailani pada saat pemaparan visi misi, moderator menanyakan maksud dari peran alumni dalam penyerapan tenaga kerja bagi mahasiswa Unair.

Jailani menjelaskan peran penting alumni dalam penyerapan tenaga kerja yaitu mengenai keterlibatannya untuk membantu mahasiswa ketika memilih pekerjaan dan proses perencanaan karir.

“Mungkin yang dapat kita lakukan adalah membantu dan merencanakan karirnya. hal ini dapat dilakukan bila kita memiliki engagement dan komunikasi yg baik dengan universitas dan fakultas,” jelasnya melalui Zoom Meeting.

“Oleh karenya kita perlu membuka akses jejaring alumni, melakukan kolaborasi antar alumni dan fakultas yang lebih esensial,” tandasnya.

Sehingga, menurutnya komunikasi antar alumni, track record pekerjaan, dan peran alumni dalam masyarakat menjadi hal yang cukup penting.

Ia menyampaikan ilmu yang dipelajari semasa kuliah dapat diimplementasikan dan disesuaikan dengan kebutuhan di luar perguruan tinggi. Lanjutnya, penerapan ilmu itu tidak hanya berkaitan dengan hal-hal yang teoritis melainkan juga perlu aksi nyata secara praktis.

Jailani menjanjikan akan memfasilitasi kerja sama kampus dengan dunia luar negeri dalam bentuk pertukaran mahasiswa jika dirinya terpilih sebagai Ketua IKA UA.

Untuk menjadi Ketua IKA UA terpilih, ia harus bersaing dengan 7 orang kandidat lain, termasuk  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pengusaha swasta Lulusan Fakultas Farmasi Totok Lusida, dan Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unair tahun 1996 sekaligus sebagai tim Ahli Menteri, Dimas Oky Nugroho.

Dari sebanyak 8 orang kandidat tersebut, baru Jailani yang mengkampanyekan diri, sedangkan 7 pesaing lainnya hingga berita ini terbit belum ada informasi lebih lanjut.

Penulis: Ranau Alejandro
Editor: Risma D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *