Informasi Bantuan UKT Kemendikbud 2021/2022 Belum Diumumkan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI belum mengumumkan kembali mengenai kelanjutan diadakannya bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa di semester gasal 2021/2022. Hal itu disampaikan Wahyu Kartiko Adi, A.Md., staff Kemahasiswaan Unair dalam wawancara daring.

“Bantuan UKT semester depan belum ada kebijakan dari Kemendikbud untuk diadakan kembali,” ujarnya pada Sabtu (26/6).

Mengenai informasi berlanjut atau tidaknya bantuan tersebut, Wahyu mengatakan bahwa pada semester genap 2021 lalu Kemendikbud pun mengumumkannya mepet dengan penutupan pembayaran UKT. 

“Pada semester sebelumnya pun memang sekitaran bulan Februari-Maret,” sebutnya.

“Belum ada kebijakan seperti itu dari Kemendikbud. Memang kalau untuk semester kemarin dilanjut kembali pada semester berikutnya,” imbuh Wahyu.

Bantuan yang dianggarkan Kemendikbud di awal pergantian semester meliputi pemotongan dan pembebasan UKT bagi mahasiswa. Hal itu didasarkan pada seleksi yang mempertimbangkan kemampuan orang tua dan bagi yang ekonominya cukup terdampak pandemi.

“Untuk seleksinya itu berdasarkan mahasiswa yang mengajukan keringanan UKT. Tentunya dengan ukuran ketidakmampuan orang tua dan terdampak Covid,” tandasnya.

Diketahui, total jumlah mahasiswa Unair yang menerima bantuan UKT dari Kemendikbud pada semester genap 2021 sebanyak 1718 mahasiswa. 

“Ada yang pembebasan dan ada juga yang pengurangan UKT,” ucap Wahyu. 

Sementara itu, penangguhan UKT mahasiswa bukan termasuk bantuan dari Kemendikbud, melainkan kebijakan dari Keuangan Unair sendiri.

“Kebijakan tersebut ada pada bagian keuangan, bisa ditanyakan ke fakultas dahulu,” tutup Wahyu mengakhiri.

Penulis: Risma D.
Editor: L. Fitriani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *