Dirmawa Tanggapi Dugaan Penipuan Pengadaan Jaket BEM Unair

Belum reda isu rekrutmen Amerta, BEM Unair kembali gaduh. Dalam tayangan video berdurasi sekitar 6 menit yang diunggah melalui akun Instagram Menteri Ekonomi Kreatif BEM Unair, Alak Achmad membeberkan dugaan penipuan dana dari pengadaan jaket BEM Unair.

Dalam video, Alak sempat menyebut jika dirinya telah menemui Direktorat Kemahasiswaan untuk mengkonsultasikan perihal dana jaket yang dibawa kabur vendor. Dirmawa pun mengklarifikasi jika Presbem Unair, Abdul Chaq meminjam dana sebesar 20 juta dan sudah cair. Namun, Alak mengaku tidak tahu dan belum menerima uang pinjaman tersebut.

Pihak Dirmawa sendiri hanya mengetahui jika Kementerian Ekonomi Kreatif BEM Unair tengah mengalami penipuan sehingga Abdul Chaq mengajukan peminjaman sejumlah uang kepada Dirmawa untuk menambal dana yang sudah terkumpul dari BEM Unair.

Pihaknya tidak mengetahui perihal dugaan penipuan yang melibatkan mahasiswa Vokasi sebagai vendor.

Menyinggung dugaan itu, Direktur Kemahasiswaan Unair, Hadi Subhan mengatakan seluruh pendanaan terkait pengadaan jaket BEM tidak melibatkan dana kampus.

“Saya sendiri tidak tahu menahu soal pengadaan jaket BEM, karena itu bukan kegiatan Dirmawa dan anggarannya juga bukan dari Direktorat Kemahasiswaan,” ujarnya saat dihubungi LPM Mercusuar melalui Whatsapp, Rabu (16/6).

“Jadi, itu inisiasi sendiri para pengurus BEM dan urunan sendiri,” imbuhnya.

Dana yang dibawa kabur vendor sebagai DP jaket itu merupakan anggaran pribadi BEM Unair.

“Bukan anggaran dari Direktorat Kemahasiswaan, tetapi mereka urunan sendiri dan mengadakan sendiri, dan tidak juga menginfokan apa-apa ke kami,” lanjut Hadi.

“Baru setelah itu tadi menceritakan ke kami seperti yang di Instagram itu,” ujarnya.

Hadi Subhan menyarankan supaya permasalahan dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

“Saran dari kami, supaya bisa diselesaikan secara baik dan kekeluargaan,” pungkasnya.

Penulis: Risma D.
Editor:
L. Fitriani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *