Sisi Lain Suporter Sepak Bola

Tahun 2021 merupakan tahun yang memberikan duka yang mendalam bagi masyarakat Indonesia. Selain pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai, sejak awal tahun sudah banyak kejadian bencana alam yang menimpa beberapa wilayah yang ada di bumi pertiwi ini. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terdapat 327 kejadian bencana alam, di mana bencana alam tersebut menyebabkan 216 orang meninggal dunia, 12.056 orang terluka, 7 orang hilang, serta 1.769.309 orang lainnya mengungsi ke tempat yang lebih aman (dikutip dari antaranews.com).

Banyak orang yang mengatakan bahwa bencana alam yang terjadi diakibatkan karena ulah manusia yang tidak bisa menghargai alam, contohnya seperti menebang pohon sembarangan, membakar hutan, membuang sampah di sungai, dan lain sebagainya. Ada juga yang mengatakan bahwa Tuhan mulai murka kepada manusia karena mereka telah melakukan banyak perbuatan dosa sehingga Tuhan pun menurunkan bencana alam sebagai tanda peringatan. Namun, terlepas dari hal tersebut banyak kelompok masyarakat yang mengadakan kegiatan untuk membantu meringankan beban para korban bencana alam.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan beragam bentuknya, ada yang melakukan konser amal berupa pertunjukan seni, ada yang mengadakan aksi galang dana turun ke jalan, ada yang mengirimkan bantuan berupa obat-obatan, baju bekas, dan sembako, bahkan ada juga yang langsung datang ke tempat pengungsian untuk menjadi relawan kemanusiaan. Berkaca dari situasi tersebut, rasa persatuan dan kesatuan tampaknya telah muncul di dalam jiwa para kelompok masyarakat yang bahu-membahu membantu para korban bencana alam. Mereka menganggap bahwa para korban merupakan saudara setanah air sehingga wajib bagi mereka untuk saling tolong-menolong antar saudara.

Ada satu hal menarik dari kelompok-kelompok masyarakat yang melakukan gerakan sosial untuk membantu para korban yang terdampak bencana alam. Hal tersebut berasal dari kelompok masyarakat yang notabene adalah kelompok suporter sepak bola. Biasanya kelompok-kelompok suporter sepak bola sering mendapatkan stigma yang buruk dari kelompok masyarakat lain karena dianggap brutal, kejam, kasar, dan sebagainya. Namun kali ini, seharusnya mereka mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya dari banyak pihak karena mereka turut membantu para korban yang terdampak bencana alam.

Sebut saja kelompok suporter sepak bola Persis Solo (Pasoepati Garis Keras) yang telah menyalurkan bantuan berupa uang tunai, obat-obatan, pakaian, bahan pangan, serta popok bayi sebanyak tiga mobil pick up kepada para korban bencana alam di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat. Lalu ada juga kelompok suporter yang berasal dari Surabaya, mereka merupakan pendukung tim Persebaya Surabaya (Bonek) yang juga menyumbangkan bantuan berupa uang tunai dan juga bahan pokok lainnya untuk korban bencana alam di Sulawesi Barat. Mereka juga mengirimkan beberapa orang untuk menjadi relawan kemanusiaan di bidang psikologis maupun di bidang edukasi yang bertujuan untuk memberikan tindakan Trauma Healing kepada para orang tua dan anak-anak yang menjadi korban bencana alam.

Kegiatan yang dilakukan oleh 2 kelompok suporter ini menunjukkan bahwa stigma buruk masyarakat yang ditujukan kepada kelompok suporter sepak bola itu tidak selalu benar. Masyarakat sebaiknya melihat dan memahami lebih dalam tentang kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh kelompok-kelompok suporter sepak bola, sehingga masyarakat tidak dapat serta-merta mendiskreditkan tindakan suporter sepak bola yang terkesan memberikan dampak negatif dan merugikan, seperti tawuran, mencuri barang milik orang lain, merusak fasilitas stadion, dan lain sebagainya.

Referensi:

Chaniscara, Chrisna. 2021. Suporter Persis Solo Garis Keras Kumpulkan Donasi Rp 21 Juta Untuk Korban Bencana Alam. https://www.solopos.com/suporter-persis-solo-garis-keras-kumpulkan-donasi-rp21-juta-untuk-korban-bencana-alam-1105485. diakses tanggal 27 Februari 2021.

Katriana. 2021. 372 Bencana Alam Terjadi Di Wilayah Indonesia Sejak Awal 2021. https://www.antaranews.com/berita/1990236/372-bencana-alam-terjadi-di-wilayah-indonesia-sejak-awal-2021#:~:text=Jakarta%20(ANTARA)%20%2D%20Badan%20Nasional,Indonesia%20sejak%20awal%20tahun%202021.&text=Bencana%20alam%20yang%20telah%20terjadi,ringan%2C%20dan%20357.365%20rumah%20tergenang. diakses tanggal 27 Februari 2021.

Wany, Aditya. 2021. Salut! Donasi Ke Sulawesi Barat, Bonek Disambut Suporter PSM. https://www.bola.com/indonesia/read/4476926/salut-donasi-ke-sulawesi-barat-bonek-disambut-suporter-psm#:~:text=Bola.com%2C%20Jakarta%20%2D%20Suporter,5%2F2%2F2021). diakses tanggal 27 Februari 2021.          

Penulis: Primanda Andi Akbar
Editor: Prisheila Putri Wardhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *