/Pengprof BEM Unair Ajak Mahasiswa Berkunjung ke PT.Pertamina
Sumber Foto : Satriyani Dewi Astuti

Pengprof BEM Unair Ajak Mahasiswa Berkunjung ke PT.Pertamina

Kementerian Pengembangan Profesi Universitas Airlangga melakukan kunjungan ke PT. Pertamina MOR V Jawa Timur dan PT.Pertamina TBBM Perak, Surabaya pada Kamis (03/11)

Kegiatan yang bernama Airlangga Visit and Learning (AVL) tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai dunia kerja di BUMN khususnya dalam bidang pengelolaan energi kepada mahasiswa.

Choirul Majidi selaku PJS Area Manager HC Jatimbalinus menyambut kedatangan mahasiswa di Aula Fastron, PT.Pertamina MOR V Jawa Timur. Beliau mengapresiasi keinginan para mahasiswa untuk lebih mengenal PT. Pertamina. Choirul yang juga alumni UNAIR menceritakan pengalamannya sewaktu berkuliah di FEB, UNAIR baik itu dari segi pengalaman bidang akademik, organisasi dan meniti karir. 

“Prinsip saya adalah organisasi jangan mengganggu kuliah. Aktivitas kuliah jangan mengganggu organisasi. Karena terdapat beberapa hal yang tidak dapat dipelajari di bangku kuliah,”ucap Choirul Majidi.

Sementara itu, Khresna Aditiya selaku Assistant Manager HC IR & Service juga memberikan gambaran terkait proses jenjang karir dimulai dari internship hingga pengembangan profesi. Pengembangan karir didesain untuk meningkatkan hard skill dan soft skill, setiap Perwira (Pertamina Wira) sebutan bagi pegawai di PT.Pertamina. Individu berbakat dan berpotensi yang mampu mencerminkan tata nilai perusahaan untuk menjadi bagian dari tim yang mengakselerasi pencapaian perusahaan. Baginya kemampuan dalam berkomunikasi menjadi hal yang krusial bagi Perwira karena akan banyak sekali tantangan yang dihadapi secara grup dalam memecahkan masalah. Hal ini menjadi salah satu indikator penting dalam penerimaan pegawai, khususnya di tahap interview.

“Akan menjadi penilaian tambahan ketika wawancara, dari keluwesan (outspoken, teratur) berbicara. Karena bagi kita itu lebih penting dibandingkan seseorang yang memiliki IPK tinggi tetapi tidak lancar ketika ditanya,” tambah Khresna Aditiya.

Penulis : Satriyani Dewi Astuti

Editor : Primanda Andi Akbar