/Sebagai Bentuk Apresiasi Seni Digital, Kominfo BEM Unair Menggelar Pameran AMIFEST 2022
Sumber Foto : Istimewa

Sebagai Bentuk Apresiasi Seni Digital, Kominfo BEM Unair Menggelar Pameran AMIFEST 2022

Kementerian Komunikasi dan Informatika BEM Unair mengadakan Pameran Seni Digital di Museum De Javasche Bank Surabaya dengan menampilkan berbagai karya seni digital menarik pada Sabtu, (5/11) .

AMIFEST merupakan program kerja Kominfo BEM Unair yang terdiri dari tiga rangkaian agenda diantaranya Aminor, Medcom, dan Menifest.

Aminor atau Airlangga Media Seminar and Workshop merupakan kelas desain grafis dan videografi yang diadakan secara online dan offline. Sedangkan Medcom atau Media Competition adalah ajang lomba photography, short movie, dan digital art yang dibuka untuk umum, pelajar, dan mahasiswa.

Pada acara puncak, terdapat dua acara pada Menifest atau Media Innovative Festival, yaitu Talkshow Bincang Seni dan Pameran Seni Digital yang menampilkan 30 karya terbaik peserta lomba Medcom yang telah diadakan beberapa pekan lalu.

Agenda serupa rupanya juga telah diadakan oleh BEM Unair pada tahun lalu. Namun, terdapat perbedaan antara AMIFEST yang dilaksanakan pada tahun ini dengan tahun sebelumnya sebagaimana yang dijelaskan oleh Ketua Pelaksana AMIFEST 2022, Elyza Binta Chabibillah.

“Sudah (pernah dilaksanakan), namun berbeda. Pada tahun kemarin Aminor (Workshop) sendiri dan Visioned (Perlombaan dan Talkshow) sendiri. Sedangkan pada tahun ini menjadi AMIFEST yang rangkaian acaranya mulai dari Aminor atau Workshop, Medcom, dan Menifest atau Talkshow. Dan yang menjadi pembeda adalah exhibition yang merupakan hal baru pada proker kita yaitu AMIFEST,” tutur Elyza.

Ia pun menjelaskan bahwa AMIFEST dapat menjadi wadah untuk masyarakat dalam melatih skill di bidang digital, khususnya dalam aspek kesenian.

Rangkaian AMIFEST tahun ini mulai digelar sejak tanggal 17 September yaitu Aminor hingga puncaknya pada agenda Menifest kemarin.

Para pengunjung dapat menikmati berbagai karya seni digital yang dipamerkan sekaligus melakukan vote untuk menentukan pemenang lomba Medcom dari masing-masing kategori.

Agenda Menifest tersebut dibuka secara gratis untuk umum. Namun, pihak panitia membatasi kuota pengunjung yang hadir. Sehingga, calon pengunjung wajib melakukan registrasi terlebih dahulu.

Elyza berharap gelaran AMIFEST ini semakin dikenal dan menjadi event yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat setiap tahunnya. Ketua Pelaksana AMIFEST itu juga berharap AMIFEST dapat menjadi salah satu upaya BEM Unair dalam melahirkan seniman yang memiliki talenta di bidang seni digital serta dapat menjadi wadah anak muda untuk menyalurkan bakat dan kreasinya.

Penulis : Dimas Septo Nugroho

Editor : Primanda Andi Akbar