/Guna Mewujudkan Sustainable Development Goals, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Gelar Aksi Bersih-Bersih Pantai
Sumber Foto : Istimewa

Guna Mewujudkan Sustainable Development Goals, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Gelar Aksi Bersih-Bersih Pantai

Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Airlangga menggelar aksi bersih-bersih pantai bertajuk
“Environment Collaborations: Surabaya Next Generation X Save The Rivers” yang diselenggarakan di Pantai Kenjeran
Surabaya, Minggu (23/10).

Ketua Pelaksana, Muhammad Ariq Setiawan mengungkapkan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk membantu mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals.

“Environment Collaborations: Surabaya Next Generation X Save The Rivers adalah program kerja kolaborasi antara Kementerian Luar Negeri Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan dan Public Action Kelompok Studi Lingkungan Universitas Airlangga. Program kerja ini juga merupakan program kerja baru yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Kabinet Nyata pada tahun. Pogram kerja ini tentunya memiliki tujuan, dimana kita selaku Kementerian Luar Negeri Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ingin menjalin silaturahim dengan komunitas atau penggiat lingkungan yang ada di perguruan tinggi Surabaya, serta kami juga ingin melakukan sebuah branding HMTL UNAIR dengan melakukan kerjasama dalam bentuk aksi bersih pantai, dan menambah wawasan kita akan urgensi dari sampah plastik yang ada di pesisir pantai maupun di laut. Selain itu, kegiatan yang kami adakan juga membantu mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals 2030 tepatnya pada tujuan nomor 14 “Ekosistem Lautan. Aksi tersebut diharapkan mampu mewujudkan ekosistem lautan yang lebih baik lagi tanpa adanya sampah yang dapat mengganggu ekosistem sekitar.” ungkap Muhammad Ariq Setiawan

Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 50 mahasiswa tersebut bekerjasama dengan beberapa pihak dari luar Universitas Airlangga.

“Aksi Bersih Pantai Environment Collaborations: Surabaya Next Generation X Save The Rivers ini diikuti oleh pengurus Kementerian Luar Negeri Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan, pengurus Kelompok Studi Lingkungan, dan para mahasiswa baru dari magang ormawa di kementerian luar negeri HMTL dan KSL. Dimana dihadiri komunitas atau penggiat lingkungan yakni dari Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia (IMTLI) Regional 4, Kelompok Studi Lingkungan (KSL) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, dan Kelompok Pecinta dan Pemerhati Lingkungan (KPPL) Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.” tambah Muhammad Ariq Setiawan.

Perlu diketahui, bahwa sebelum melakukan aksi bersih-bersih pantai, Himpunan Teknik Lingkungan Universitas Airlangga telah mengadakan webinar dengan mendatangkan narasumber dari Ecoton Foundation.

“Environment Collaborations: Surabaya Next Generation X Save The Rivers ini memiliki 2 kegiatan yakni webinar dan aksi bersih pantai. Webinar Environment Collaborations: Surabaya Next Generation X Save The Rivers ini memiliki tema “Diplomasi Sampah Plastik di Wilayah Pesisir dan Laut: Problematika, Regulasi, dan Implementasi” dengan narasumber dari Kak Eka Chlara Budiarti S.Si selaku Citizen Science Educator ECOTON FOUNDATION, webinar ini dilaksanakan pada Minggu, 09 Oktober 2022 yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting. Serangkaian selanjutnya yakni Aksi Bersih Pantai Environment Collaborations: Surabaya Next Generation X Save The Rivers yang dilaksanakan di Pantai Kenjeran pesisir area bawah jembatan Suramadu, dimana kita melakukan sebuah aksi bersih pantai pada tanggal Minggu, 23 Oktober 2022 dengan mengundang beberapa komunitas atau pencinta lingkungan di kampus Surabaya serta didapatkan banyaknya sampah yang mengahsilkan 15 kantong plastik trash bag.” tegas Muhammad Ariq Setiawan.

Di akhir, mahasiswa angkatan 2020 tersebut berharap selepas aksi bersih-bersih pantai selesai dilakukan. Para generasi muda khususnya mahasiswa dapat lebih sadar untuk terus menjaga kebersihan laut dari sampah-sampah yang dapat merusak merusak biota serta ekosistem yang ada.

“Harapannya dengan diadakannya Environment Collaborations: Surabaya Next Generation X Save The Rivers ini kita sebagai anak muda pecinta lingkungan lebih sadar akan banyak nya sampah -sampah yang ada di pesisir pantai maupun yang ada di laut, tentunya sampah laut itu akan merusak biota serta ekosistem yang ada di laut maupun di pesisir pantai, dan pastinya akan merusak pemandangan akan indahnya laut dan pantai. Harapannya juga dengan diadakannya Environment Collaborations: Surabaya Next Generation X Save The Rivers ini bisa mempererat tali silaturahim antara HMTL UNAIR dengan komunitas atau penggiat lingkungan yang ada di perguruan tinggi di Surabaya untuk memiliki tujuan bersama yakni menjaga kelestarian lingkungan sekitar kita semuanya.” tutup Muhammad Ariq Setiawan.

Penulis : Primanda Andi Akbar

Editor : Primanda Andi Akbar