/Tanggapi Rusaknya Habitat Mangrove, UKM Kependudukan Gandeng Lingkar Muda untuk Tanam Mangrove Di Wonorejo, Surabaya
Sumber Foto : Satriyani Dewi Astuti

Tanggapi Rusaknya Habitat Mangrove, UKM Kependudukan Gandeng Lingkar Muda untuk Tanam Mangrove Di Wonorejo, Surabaya

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kependudukan Universitas Airlangga lakukan gerakan peduli lingkungan bersama Lingkar Muda. Kegiatan yang berbentuk community empowerment ini berupa aksi tanam mangrove di Hutan Mangrove Wonorejo, Surabaya pada Sabtu (8/10).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Airlangga Demographic Festival yang merupakan program kerja utama dari UKM Kependudukan Universitas Airlangga.

 Kegiatan yang juga diikuti oleh puluhan mahasiswa serta anggota komunitas ini turut bekerja sama dengan Kelompok Tani Bintang Timur, Surabaya dalam hal pengadaan bibit mangrove. Para peserta melakukan aksi tanam langsung dengan turun ke pesisir pantai dan mulai menanam mangrove sesuai dengan instruktur yang ada. Jenis mangrove yang dipilih adalah Rhizophora Apiculata yang harapannya selain menjadi penghalang abrasi juga memiliki manfaat bagi masyarakat sekitar baik sebagai obat, ramuan herbal, dan lainnya.

Warda Chafdiya selaku ketua pelaksana program Community Empowerment UKM Kependudukan x Lingkar Muda menuturkan jika kolaborasi ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk menyatukan visi para generasi muda untuk memberikan dampak nyata khususnya bidang lingkungan hidup. 

“Kita sama-sama menyadari dan merasakan kalau bumi kita sudah mulai tidak baik-baik saja. Krisis iklim adalah masalah nyata yang akan kita hadapi bersama, langkah menanam mangrove inilah yang menjadi sebuah batu lompatan kecil untuk lebih aktif dan tanggap lagi terkait permasalahan lingkungan,”tutur Warda

Salianto, selaku salah satu Satgas yang bertugas sebagai pedamping sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai wujud kepedulian pemuda di bidang lingkungan.

“Kami sangat bersyukur, anak muda jaman sekarang masih mau untuk melakukan aksi peduli lingkungan khususnya di wilayah pesisir. Kami berharap kegiatan ini bisa ditularkan kepada para generasi muda lainnya” ungkapnya.

Kemudian, Thoriq Haidar Al Roychan Ghozali selaku founder Lingkar Muda juga berharap kegiatan kerjasama ini bisa menjadi awal untuk kegiatan kolaborasi lainnya.

“Semoga kegiatan positif ini bisa menjadi berkelanjutan, mungkin next kita bisa merencanakan aksi sosial di masyarakat bersama UKM Kependudukan Universitas Airlangga untuk turun langsung membantu di masyarakat,” jelas Thoriq.

Penulis : Satriyani Dewi Astuti

Editor   : Primanda Andi Akbar