/Kementerian Kesehatan BEM Unair Selenggarakan program BAKTI AIRLANGGA di Pulau Kangean
Sumber Foto : Kemenkes BEM Unair

Kementerian Kesehatan BEM Unair Selenggarakan program BAKTI AIRLANGGA di Pulau Kangean

Bakti Airlangga merupakan program kerja berwujud pengabdian masyarakat yang berfokus pada bidang kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Bugis, Desa Pajanangger, Kecamatan Arjasa, Sumenep. Ada beragam kegiatan yang dijalankan selama kurang lebih 10 hari di wilayah tersebut. Program-program itu diantaranya adalah sosialisasi pencegahan stunting, pola hidup dan pola makan sehat, sosialisasi mengenai gizi, kesehatan mental, serta ajakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak.

Kegiatan Bakti Airlangga menyasar tak hanya pada kalangan tertentu melainkan ditujukan untuk seluruh masyarakat dalam berbagai rentang usia. Sehingga, program yang diselenggarakan juga disesuaikan dengan masyarakat sasaran. Program untuk usia anak-anak yakni seputar pola hidup bersih dan sehat, berikutnya sosialisasi mengenai kesehatan mental untuk kalangan remaja.

“Untuk golongan ibu-ibu, selain program sosialisasi pencegahan stunting dan pola makan sehat, kita juga ada program MPASI. Jadi disana ada banyak daun kelor tapi kurang termanfaatkan. Kita berdayakan ibu hamil atau menyusui untuk memanfaatkan daun kelor sebagai nutrisi untuk memperlancar asi dan sebagai MP-ASI untuk mencegah anak dari stunting”, ungkap Sofia selaku Ketua Pelaksana kegiatan.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Fakultas Kesehatan Masyarakat tersebut mengungkapkan bahwa di akhir acara, Kemenkes BEM Unair mengadakan kegiatan bersama warga yakni jalan sehat.

“Kita juga ada program Medical Check Up atau cek kesehatan untuk para lansia. Kemudian di akhir kegiatan kita mengadakan jalan sehat, yang dihadiri oleh seluruh masyarakat dusun tersebut”, pungkasnya.

Penulis : Arizqa Novi Ramadhani

Editor : Primanda Andi Akbar