/Business Visit, BEM FIB Lakukan Kerja Sama Bersama Brain Academy By Ruang Guru
Sumber Foto : Istimewa

Business Visit, BEM FIB Lakukan Kerja Sama Bersama Brain Academy By Ruang Guru

Kementerian Ekonomi Kreatif dan Pengembangan Profesi (EPP), BEM FIB UNAIR menggelar kegiatan business visit (Besit) dengan menggandeng Brain Academy by Ruang Guru sebagai salah satu tempat bimbingan belajar tatap muka untuk melakukan kerja sama. Kegiatan tersebut mengusung tema “Mengulas Dinamika Kehidupan Karier dan Organisasi dalam Perkuliahan” yang dilaksanakan pada Sabtu, (15/10) di kantor Brain Academy, Jalan Kusuma Bangsa No. 74, Surabaya.

Business Visit merupakan kegiatan kunjungan dan pengenalan kehidupan karier secara langsung kepada mahasiswa dengan mengunjungi sebuah perusahaan. Kegiatan tersebut menjadi kelanjutan dari webinar karier yang sudah dilaksanakan pada bulan Juni 2022 bersama Ruang Guru. Acara yang diikuti sebanyak 25 peserta dari internal anggota BEM FIB UNAIR mempunyai konsep acara yang unik serta seru yang terbagi ke dalam tiga kegiatan yaitu talk show, office tour, dan live instagram di instagram milik @bemfibunair. Sesi talk show menghadirkan pembicara dari karyawan Brain Academy, Deasy Adyanti selaku Branch Manager BA Surabaya Kusuma Bangsa dan Nanda selaku Student Advisor.

“Ketika menjadi fresh graduate, kita akan merasakan kesulitan mencari kerja, apply kerja, sampai interview kerja. Bahkan proses recrutmen perusahaan besar membutuhkan waktu selama dua bulan. Pembagian jenjang tes dilaksanakan tiap minggu misalnya, minggu pertama tes administrasi kemudian minggu kedua tes Bahasa Inggris. Dilanjut tes IT, tes psikotes, dan interview”, tutur Dea (sapaan akrab).

Kemudian, Nanda menjelaskan bahwa lingkungan kerja seperti bimbingan belajar harus dibangun sesuai semangat anak muda.

“Branding yang ingin dibangun di Brain Academy adalah semangat anak muda karena jobdesk utama di sini yaitu mengajar siswa. Dengan begitu, saat bekerja atau mengajar siswa tidak boleh kaku, tidak boleh galak, dan tidak ada seragam khusus yang dipakai saat kerja sehingga bisa terbentuk suasana belajar-mengajar yang menyenangkan serta muncul keakraban antara siswa dan mentor”, jelas Nanda.

Sementara itu, Lady Khairunnisa Adiyani, mahasiswi Bahasa dan Sastra Inggris 2020 selaku ketua pelaksana pada kegiatan tersebut memilih Ruang Guru sebagai mitra kerja karena sama-sama berada pada lingkup pendidikan.

“Alasan memilih Ruang Guru adalah kebanyakan jurusan di FIB berkaitan dengan pendidikan sehingga mahasiswa bisa melanjutkan karier di dunia pendidikan”, jelas Lady.

Selain itu, Presiden BEM FIB UNAIR, Irkham Ulumuddin, mahasiswa Ilmu Sejarah 2019 berharap mahasiswa FIB setelah berhasil menyelesaikan studi bisa memiliki informasi maupun kemudahan memperoleh kerja.

“Kegiatan ini sebagai pembuka kerja sama antara BEM FIB dengan lembaga luar untuk memudahkan mahasiswa memperoleh ilmu dan informasi dunia kerja serta ada wujud nyata dari efek kegiatan ini”, ujar Irkham.

Penulis : Iratri Puspita

Editor   : Primanda Andi Akbar