/Gandeng Kejarmimpi, BEM Unair Adakan Pelatihan Digital Marketing dan Copywritting
Sumber Foto : Istimewa

Gandeng Kejarmimpi, BEM Unair Adakan Pelatihan Digital Marketing dan Copywritting

Bertempat di BG Junction Mall Surabaya L2 Multifunction Star 1, Kementerian Pengembangan Profesi (Pengprof) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unair adakan pelatihan di bidang digital marketing & copywriting pada Minggu (26/09).. Pelatihan bertajuk Scale Up Business In Digital Era (SCUTER) tersebut menggandeng Kejarmimpi yang merupakan gerakan sosial dari CIMB Niaga sebagai partner.

Tidak tanggung – tanggung, pembicara pada acara SCUTER adalah Nindya Retnasatiti yang merupakan head of social media strategic & digital project manager di CREA Digital Lab. Perlu diketahui, Crea Digital Lab adalah perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing. Selain itu, SCUTER juga mendatangkan Leith Keshava yang merupakan copywriter pada Tokocrypto.

Menurut Leith Keshava, Copywritting mengedepankan empati terhadap masalah dan value customer yang paling mendesak. Bukan tentang bagaimana cara mengkomunikasikan produk tersebut. Sementara itu, menurut Nindya Retnasatiti antar platform memiliki keunikan masing-masing yang tidak bisa disamakan.

“Sosial media juga memiliki waktu yang tepat untuk mengunggah konten, jam makan siang, istirahat, atau jam – jam sebelum istirahat malam” Ujar Nindnya.

Alumni Fakultas Psikologi Universitas Airlangga juga menambahkan, waktu upload konten perlu diperhatikan karena hal tersebut menyangkut seberapa banyak traffic konten tersebut.

Berangkat dari manusia yang hidup di era digital, SCUTER hadir sebagai jawaban dari Kementerian Pengembangan Profesi atas berbagai keresahan. Tidak sedikit dari mahasiswa yang harus menyambung hidupnya dengan berdagang secara online. Sementara itu, pemasaran secara online atau biasa kita sebut dengan digital marketing tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan salah satunya adalah copywritting. Copywritting merupakan aspek penunjang dalam digital marketing yang membuat produk kita menjadi lebih dilirik oleh konsumen.

Rangkaian acara SCUTER tidak hanya terdiri dari pemaparan materi oleh narasumber saja. Tetapi juga, peserta dipersilahkan membentuk kelompok untuk membicarakan study case. Peserta kemudian mempresentasikan hasil study case, lalu terdapat sesi awarding yang dinilai dari hasil presentasi study case.

“Sejauh ini yang aku tahu, event pelatihan digital marketing sendiri masih jarang khususnya di Universitas Negeri” ujar Salsabilla Diva selaku ketua pelaksana kegiatan.

Pelatihan digital marketing & copywritting merupakan salah satu fokus besar Kementerian Pengprof khususnya dalam hal pengembangan keahlian mahasiswa di Unair.  Sehingga diharapkan output dari SCUTER sendiri adalah mahasiswa dibekali dengan berbagai pengetahuan sehingga mereka dapat mengoptimalisasikan pada Online Shop yang dimilikinya atau mungkin hanya sebagai bekal untuk persiapan karir di kemudian hari.

“Harapannya selepas acara ini, para mahasiswa dapat memiliki pengetahuan serta ketrampilan yang menunjang mereka untuk mengembangkan badan usaha yang dimiliki atau bisa juga dibuat bekal selepas lulus kuliah,” tutup Salsabilla Diva.

Penulis : Muhammad Seto Duta

Editor   : Primanda Andi Akbar