/Seniora BEM UNAIR Gelar Kompetisi Olahraga Antar SMA Se-Jatim
Sumber Foto : Instagram ASC2022.Official

Seniora BEM UNAIR Gelar Kompetisi Olahraga Antar SMA Se-Jatim

Kementerian Seni dan Olahraga (Seniora) BEM UNAIR menggelar kompetisi olahraga untuk pertama kalinya yaitu Airlangga Sport Competition (ASC). Cabang lomba yang dilombakan adalah basket, futsal, dan dance. Ketiga cabang lomba tersebut diikuti oleh pelajar SMA atau sederajat se-kota Surabaya dan sekitarnya yang terdiri dari 32 tim.

Tim-tim yang mengikuti event tersebut antara lain SMA 1 Situbondo, SMA 18 Surabaya, SMK 5 Surabaya, SMA Taruna Nala Jatim, SMA 1 Gedangan,  Sekolah Progresif Bumi Bersholawat, SMAK Santo Stanislaus, dan beberapa sekolah SMA atau sederajat lainnya.

Puncak ASC diselenggarakan pada Minggu (28/8) di Gor CLS Kertajaya dengan menggelar pertandingan final basket antara SMA Taruna Nala Jatim melawan SMA 1 Gedangan. Pertandingan basket dimulai pukul 16.05 WIB yang terbagi menjadi dua babak atau empat kuarter dengan total waktu sebanyak 40 menit. Selama acara berlangsung, suasana di dalam gor terlihat sangat ramai dari antusias penonton maupun suporter. Meskipun terdapat biaya registrasi sebesar  Rp 15.000, per orang untuk memasuki gor.

Namun, tidak menyurutkan semangat penonton untuk mendukung timnya masing-masing agar menjadi sang juara. Hingga pada menit terakhir, pertandingan berhasil dimenangkan oleh SMA Taruna Nala Jatim dengan skor 65 vs 41. Tidak sampai di situ saja, kegiatan ASC berlanjut pada penampilan dance dari peserta untuk dilombakan. Kemudian kegiatan berakhir setelah pengumuman pemenang dan awarding.

Pengadaan kompetisi olahraga tingkat SMA atau sederajat ini diharapkan dapat dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat umum dan bisa memberikan ruang bagi ekstrakurikuler SMA untuk aktif berlomba kembali setelah era pandemi Covid-19.

Tetapi, meski begitu Dea Dwyna Syachfitri Tetapi, meski begitu Dea Dwyna Syachfitri selaku Person In Charge (PIC) mengungkapkan pelaksanaan Airlangga Sport Competition juga mengalami beberapa masalah terutama mengenai peserta yang turut andil dalam pagelaran acara.   

“Pelaksanaan ASC tentu masih banyak kendala karena masih masa transisi dari kegiatan online ke kegiatan offline. Selain itu, mencari peserta juga lumayan sulit karena banyak ekstrakurikuler di tingkat SMA yang kurang aktif akibat corona,” tutur Dea.

Penulis : Iratri Puspita

Editor : Primanda Andi Akbar