/Merintis Pengabdian Masyarakat Pesisir, Salmon FPK Unair Gandeng Desa Semare sebagai Desa Mitra.
Sumber Foto : Istimewa

Merintis Pengabdian Masyarakat Pesisir, Salmon FPK Unair Gandeng Desa Semare sebagai Desa Mitra.

Pada tanggal 31 Juli – 7 Agustus, Departemen Sosmas BEM FPK UNAIR dengan jajaran Panitia SALMON FPK 2022 telah menyelenggarakan pengabdian masyarakat bertajuk “Anjangkarya” di desa binaan barunya yakni Desa Semare yang terletak di Kabupaten Pasuruan. Pengabdian masyarakat tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan SALMON FPK Unair 2022, yang telah menjadi program kerja tahunan dari BEM FPK UNAIR.

SALMON adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan secara offline dan online, setelah dua tahun yang hanya dilaksanakan secara daring melalui webinar online. Kali ini kegiatan SALMON dilaksanakan secara offline dengan menghadirkan kegiatan berupa Ruang Mengabdi dan Anjangkarya

Hanna Aulia, selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa goals dari program ini adalah untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat luas. Khususnya Anjangkarya yang pada tahun ini diberikan kesempatan untuk dilaksanakan secara offline. Beberapa kegiatan yang dibawa di dalam program Anjangkarya ini adalah seperti pelatihan budidaya dan usaha masyarakat, pemeriksaan kesehatan warga, pengajaran siswa SD, revitalisasi tempat wisata dan lain-lain.

“Pengalaman baru yang saya miliki yakni dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam berbagai program dalam salmon sehingga ilmu yang diberikan oleh bapak ibu dosen dapat tersalurkan kepada masyarakat luas selain itu kami semua juga mendapatkan pengalaman baru dan ilmu baru dari masyarakat sekitar” tutur Hanna (23/08).

Hanna mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara dan harapannya agar kegiatan Salmon berikutnya dapat berkembang menjadi lebih baik lagi sehingga dapat berdampak baik bagi mahasiswa ataupun masyarakat desa binaan salmon.

“Terimakasih salmon 2022 telah memberikan banyak pelajaran yang berarti, banyak hikmah dan pengalaman baru yang didapatkan disini. Semoga salmon menjadi wadah niat baik mahasiswa untuk bisa mengimplementasikan ilmu yang dipunyai”, tegas Hanna.

Di akhir, salah satu panitia kegiatan bernama Dani pun juga mengucapkan pesan dan kesannya selama mengikuti SALMON FPK 2022.

“Warga dan anak-anak dengan antusias dan terbuka kepada segenap panitia, sehingga terbentuk ikatan yang baik dari masing-masing pihak. Saya berharap program kerja SALMON dapat membawa perubahan setiap tahunnya di Desa Semare”, ujar Dani.

Penulis : Firdausia R. Chalida

Editor : Primanda Andi Akbar