/Yoga-Ramadhani dan Raka-Nurilham, Calon Presiden-Wakil Presiden BEM UNAIR 2022
Sumber Foto : Tangkapan Layar IG @mpmunair

Yoga-Ramadhani dan Raka-Nurilham, Calon Presiden-Wakil Presiden BEM UNAIR 2022

Sabtu (22/1), pendaftaran pasangan calon (paslon) Presiden-Wakil Presiden BEM Universitas Airlangga (UNAIR) 2022 resmi ditutup. Panitia Pemilihan Ketua (PPK) yang terdiri dari para anggota Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) terhitung memberikan waktu lima hari kepada seluruh mahasiswa yang ingin mendaftarkan dirinya sebagai calon Presiden-Wakil Presiden BEM.

Koordinator acara PPK, Nilna Maulida mengungkapkan sejak pendaftaran dibuka mulai Selasa (18/1) hingga Sabtu (22/1) tercatat sudah ada dua paslon yang mendaftar.

“Alur timelinenya sendiri dimulai dari Sosialisasi pendaftaran, dilanjutkan dengan verifikasi berkas, lalu baru masuk ke pengumuman calon. Seluruh rangkaian timeline tersebut dimulai dari tanggal 18 Januari hingga 22 Januari 2022, Pukul 18:00 WIB. Terdapat dua paslon yang mendaftar, yakni pasangan Raka Ibrahim Faiz S. – Muhammad Nurilham dan pasangan Yoga Haryo P. – Ramadhani Jaka S.”, ungkap Nilna saat diwawancarai Tim LPM Mercusuar.

Kedua paslon tersebut telah dinyatakan lolos verifikasi pemberkasan oleh PPK. Adapun berkas-berkas yang terverifikasi berupa :

  1. Formulir pendaftaran calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UNAIR 2022 yang diunduh melalui https://bit.ly/PendaftaranBEMUNAIR2022
  2. Fotokopi KTM dan KTP
  3. Foto berwarna 4×6 sebanyak 3 (tiga) lembar (mengenakan almamater dengan background merah)
  4. Kartu Hasil Studi (KHS) semester terakhir sebanyak 1 (satu) lembar sebagai bukti IPK dan semester yang telah ditempuh serta komitmen selama masa jabatan
  5. Surat keterangan sehat dari PLK (Pusat Layanan Kesehatan) UNAIR
  6. Surat pernyataan bebas NAPZA bermaterai 10.000
  7. Surat pernyataan bebas pidana bermaterai 10.000
  8. Surat pernyataan tidak menjadi pengurus Ormawa pada periode 2022-2023
  9. Surat pernyataan komitmen
  10. Esai dengan tema “Pentingnya Sifat Integritas dan Bahaya Korupsi di Masyarakat” sebanyak 2.500 kata
  11. Fotokopi sertifikat kegiatan kemahasiswaan yang pernah diikuti sebanyak 1 (satu) lembar per sertifikat
  12. Fotokopi KTM dari 8 fakultas, masing-masing fakultas terdiri atas 5% dari seluruh jumlah mahasiswa fakultas yang diajukan
  13. Surat pengunduran diri dari kepanitiaan PPK bagi anggota MPM yang ingin mencalonkan diri sebagai Presiden dan Wakil Presiden BEM UNAIR 2022.  

Mekanisme penyerahan berkas-berkas tersebut dilakukan secara online dengan cara mengirimkannya melalui e-mail MPM.

“Mekanisme pendaftaran calon Presiden dan Wakil Presiden BEM dilaksanakan secara online dengan cara masing-masing calon mengirimkan berkas ke e-mail MPM”, tambah Nilna.

Perlu diketahui, untuk paslon Yoga-Ramadhani merupakan mantan Presiden BEM FISIP dan mantan Menteri Sinergitas Mahasiswa BEM UNAIR. Sementara, paslon Raka-Nurilham merupakan mantan capres dan cawapres BEM di FK dan FISIP.

“Sepengetahuan saya, Yoga adalah Demisioner Presiden BEM FISIP UNAIR tahun 2021, sedangkan untuk Ramadhani yakni Demisioner dari Menteri Sinergitas Mahasiswa BEM UNAIR tahun 2021. Untuk Raka dan Ilham sendiri sehemat pengetahun saya, keduanya pernah mencalonkan diri sebagai Presiden dan Wakil Presiden BEM di fakultasnya masing-masing yakni di FK dan FISIP pada tahun ini namun keduanya belum terpilih”, tutup Nilna.

Penulis : Primanda Andi Akbar

Editor : Petrus Perlindungan Zai