/Pertama Kali, Mahasiswa D4 Pariwisata Lakukan PKL di Pulau Karimunjawa
Sumber Foto : Istimewa

Pertama Kali, Mahasiswa D4 Pariwisata Lakukan PKL di Pulau Karimunjawa

Mahasiswa prodi pariwisata Universitas Airlangga angkatan 2020 dan angkatan 2021 melakukan kegiatan Praktik Kuliah Lapangan untuk pertama kali (3/7). Dalam kegiatan ini, mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 melaksanakan PKL di Pulau Karimunjawa dengan menempuh perjalanan menggunakan kapal express bahari.

Perlu diketahui, Karimunjawa adalah kepulauan yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau dengan lima pulau yang sudah berpenghuni. Untuk menuju ke pulau ini, dibutuhkan waktu sekitar 4-5 jam dengan menyeberang dari Jepara menggunakan kapal ferry.

Destinasi wisata yang dikunjungi oleh mahasiswa prodi pariwisata angkatan 2020 dan 2021 di Karimunjawa, ialah :

  1. Love Hills atau Bukit Cinta

Wisata di Pulau Karimunjawa Jepara yang pertama kali dikunjungi yakni Bukit Love. Untuk bisa mencapai ke Bukit Cinta para pengunjung harus menggunakan shuttle yang ada di desa Karimunjawa yaitu Trans Karimun. Di bukit ini, pengunjung bisa melihat pemandangan pantai dan pulau Karimunjawa dari atas bukit sekaligus bisa berfoto di spot yang bertuliskan “Love”.

2. Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil adalah destinasi kedua yang dikunjungi. Tidak sulit menemukan tempat ini. Secara geografis, Pulau Menjangan Kecil berada di bagian selatan Menjangan Besar. Atmosfernya pun terasa tidak terlalu berbeda. Untuk sampai kesana, pengunjung perlu naik kapal wisata setempat dengan membayar biaya yang sudah ditentukan.

Di Pulau Menjangan Kecil, kegiatan yang bisa dilakukan adalah snorkeling dengan menikmati keindahan pemandangan bawah laut. Nyaris 90 persen bagian pulau ini dikelilingi oleh ratusan terumbu karang yang bisa dinikmati dengan mata telanjang. Lalu, di pulau ini  pengunjung juga bisa berenang bersama hiu di penangkaran.

3. Pantai Ujung Gelam

Destinasi wisata terakhir yang dikunjungi adalah Pantai Ujung Gelam. Pantai Ujung Gelam adalah salah satu pantai terbaik di Pulau Karimunjawa. Selain nama tersebut, ada juga yang menyebut pantai ini dengan nama Tanjung Gelam. Setiap hari para wisatawan datang ke pantai ini sejak pagi hingga sore hari.

Lokasinya yang dipenuhi dengan hamparan pasir putih yang memenuhi pesisir tentu membuat pengunjung semakin betah untuk berlama-lama di sana. Kemudian, ada lagi identitas yang menjadi ciri khas Pantai Ujung Gelam yakni pohon kelapa miring.

Kegiatan PKL yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi D4 Pariwisata merupakan bentuk agenda dari berapa mata kuliah yakni Manajemen Transportasi, Destinasi Pariwisata, Pariwisata dan Konservasi, Analisis dan Dampak Lingkungan (AMDAL), serta Hukum dan Kebijakan Pariwisata. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa didampingi oleh beberapa dosen seperti Bapak Nilzam Aly S.Hum., M.Sc , Bapak Yusuf,M.Pd, dan dosen-dosen lainnya.

Penulis : Tirado Sholeh

Editor   : Primanda Andi Akbar