/BEM SI Sampaikan Aspirasi ke DPRD Jatim Terkait Transparasi Draft RKHUP
Sumber Foto : Istimewa

BEM SI Sampaikan Aspirasi ke DPRD Jatim Terkait Transparasi Draft RKHUP

BEM SI Wilayah Jawa Timur melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Jatim yang berada di Jalan Indrapura, Surabaya, Rabu (6/7).

Arya Wahyu Pratama selaku Ketua BEM SI Jatim mengungkapkan aksi demonstrasi dilatarbelakangi karena adanya tuntutan mengenai draf dan pasal-pasal dari RKUHP.

“BEM SI Jatim menuntut tentang transparansi draf dan perbaikan pasal-pasal yang menyalahi amanah reformasi dan terkesan melahirkan kekuasaan yang otoriter,” ungkapnya.

Arya juga menegaskan bahwa aksi yang sama juga pernah berlangsung di tahun 2019. Pihak kampus dari universitas negeri maupun swasta mayoritas tidak menghalangi mahasiswanya untuk melakukan aksi demi menyuarakan keresahan-keresahan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga, Yoga Haryo Prayogo mengatakan, sejak tahun 2019 RKUHP sudah sempat ramai ditolak dan pengesahannya ditunda. Namun, hingga saat ini transparansi draft RKUHP belum juga disampaikan kepada publik.

“Kami meminta DPRD Jatim ikut mengawal RKUHP dari pembahasan hingga pengesahan dipusat. Sehingga, aspirasi dari Jawa Timur juga bisa terakomodir,” jelas Yoga.

Adapun beberapa poin tuntutan yang dilayangkan saat aksi berlangsung, yakni:

1. Menuntut DPR RI dan Presiden Membuka Draft RKUHP

2. Mendesak DPR RI Untuk Mengkaji Ulang dan Menghapuskan Pasal Pasal Bermasalah

3. Menuntut DPR RI Melibatkan Partisipasi Publik Untuk Menyusun RKUHP

4. Meminta DPRD Jatim Melakukan Pengawalan Pengesahan RKUHP di Pusat

5. Apabila dalam Waktu 7 X 24 Jam Belum Ada Tindak Lanjut, Maka Kami Akan Melakukan Aksi Masing Masing Daerah.

Penulis : Mirna Tiara Sari

Editor : Primanda Andi Akbar