/Pernyataan Sikap BEM se-UNAIR : Mengecam Oknum yang Seret Nama Universitas Airlangga dalam Deklarasi Dukung Muhaimin Iskandar
Sumber Foto : Tangkapan Layar Youtube BeritaJatim TV

Pernyataan Sikap BEM se-UNAIR : Mengecam Oknum yang Seret Nama Universitas Airlangga dalam Deklarasi Dukung Muhaimin Iskandar

BEM se-Universitas Airlangga tanggapi berita yang beredar mengenai keterlibatan Universitas Airlangga dalam sebuah deklarasi mendukung Muhaimin Iskandar bakal calon presiden di pilpres 2024.

Ratusan mahasiswa dibawah koordinasi Aliansi Mahasiswa Jawa Timur, berkumpul di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Mereka mendeklarasikan dukungan terhadap Muhaimin Iskandar yang digadang-gadang akan maju dalam pilpres 2024. Dalam sebuah video di kanal youtube Berita Jatim TV, koordinator Aliansi Mahasiswa Jatim, Eka Prasetya, mengungkapkan pihaknya sudah melakukan diskusi panjang dan memutuskan mendukung Muhaimin Iskandar pada pesta demokrasi mendatang. Background Muhaimin Iskandar yang merupakan seorang aktivis menjadi alasan Aliansi Mahasiswa Jatim untuk melakukan deklarasi dukungan.

Namun, aksi tersebut nampaknya menjadi polemik di kalangan mahasiswa Unair. Pasalnya, Eka Prasetya menyebutkan bahwa Aliansi Mahasiswa Jatim terdiri dari perwakilan berbagai kampus negeri maupun swasta di Jawa Timur, termasuk Universitas Airlangga.

“Kami dari Aliansi Mahasiswa Jawa Timur ini tergabung dari beberapa kampus yang ada di Surabaya maupun di luar Surabaya, yakni ada Uinsa, Unair, Unsuri, Unesa, Untag, dan lain sebagainya,” ucap Eka Prasetya.

Menanggapi hal ini, BEM se-Universitas Airlangga buka suara dengan merilis pernyataan sikap di laman instagram masing-masing pada Selasa (8/3). Pernyataan sikap tersebut memuat beberapa poin yang diantaranya:

  • Badan Eksekutif Mahasiswa se-Universitas Airlangga secara kelembagaan merupakan organisasi independent dan tidak bisa digunakan sebagai kendaraan berpolitik pada pesta pemerintahan tahun berapapun.
  • Badan Eksekutif Mahasiswa se-Universitas Airlangga tidak pernah mengirimkan delegasi ataupun perwakilan dalam forum aliansi mahasiswa Jawa Timur untuk deklarasi mendukung salah satu kandidat pada pesta demokrasi pemerintah.
  • Terkait komunikasi perihal kegiatan tersebut, kami Badan Eksekutif Mahasiswa se-Universitas Airlangga tidak pernah sekalipun menyatakan sikap ataupun mendukung salah satu kandidat di pemilihan presiden tahun 2024 atau independen dari tahun ke tahun.
  • Oknum yang mengatasnamakan perwakilan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa se-Universitas Airlangga yang tidak bertanggung jawab dan mencerminkan jiwa ksatria airlangga bergerak secara individu atau tidak atas nama lembaga telah mencederai suara dari mahasiswa Universitas Airlangga yang tidak terlibat dalam aksi tersebut.
  • Perihal bab lain terkait dengan hal tersebut. Kami Badan Eksekutif Mahasiswa se-Universitas Airlangga mengutuk keras oknum yang mengatasnamakan mahasiswa Universitas Airlangga, serta mendesak agar oknum tersebut dapat diusut. Karena mahasiswa merupakan Agent of Change, Iron Stock, dan Social Control. Bukan melakukan kegiatan deklarasi mendukung salah satu calon kandidat pada pesta demokrasi pemilihan presiden 2024.

Penulis : Primanda Andi Akbar

Editor   : Balqis Primasari