Airlangga Bojonegoro Community Gelar Pengabdian Masyarakat Bertajuk “Mengajar Mengabdi 2.0”

Sebagai bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi, Ormada asal Bojonegoro, Airlangga Bojonegoro Community (ABC) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Mengajar Mengabdi 2.0 (ABC MM 2.0) di Dusun Mayang, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.

Mengajar Mengabdi 2.0 (ABC MM 2.0) merupakan salah satu program kerja terbesar milik ormada Airlangga Bojonegoro Community (ABC). Kegiatan ABC MM 2.0 resmi dibuka tanggal 7 Februari 2022 pukul 13.00 WIB dengan mengusung tema “Belajar untuk mengajar, berdedikasi untuk mengabdi”. Pengabdian yang berlangsung selama 5 hari tersebut memiliki fokus pada tiga bidang, yakni : ekonomi, kesehatan, dan peternakan.

Di bidang peternakan, ABC MM 2.0 menggandeng Dinas Peternakan dan Perikanan sebagai narasumber bagi masyarakat. Dzaki Ainul Yaqin selaku ketua pelaksana mengungkapkan kehadiran Dinas Peternakan dan Perikanan sangat membantu mengoptimalisasi pengolahan berbagai jenis peternakan yang ada di Dusun Mayang.

“Sosialisasi di bidang peternakan sangat perlu dilakukan di Dusun Mayang ini, karena peternakan belum mencapai hasil maksimum. Perlu dilakukan berbagai optimalisasi salah satunya adalah menggandeng Dinas Peternakan dan Perikanan,” ujar Dzaki Ainul Yaqin saat diwawancarai pada Jum’at (11/2).

Sementara itu, koordinator acara ABC MM 2.0, Harliana menjelaskandi bidang ekonomi  program difokuskan pada pemasaran produk makanan ringan lokal yaitu keripik pisang cokelat.

“Masyarakat di sini terkendala cara pemasaran, keripik pisang cokelat ini nantinya akan diberi nama pisschips. Harapannya, pisschips menjadi branding tersendiri bagi desa hargomulyo ini. Selain itu, mahasiswa diharapkan juga mampu menularkan ilmu marketing yang telah diperoleh selama perkuliahan untuk diaplikasikan secara langsung,” tegas Harliana sembari menegaskan keluhan masyarakat setempat

Terakhir, di bidang kesehatan, panitia ABC MM 2.0 mengadakan sosialisasi cara menggosok gigi yang baik dan benar guna menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Ketua Umum Airlangga Bojonegoro Community (ABC), Seta Ubara, berharap adanya kegiatan ABC MM 2.0 dapat menjadi wadah pembelajaran mahasiswa Universitas Airlangga khususnya yang berasal dari Bojonegoro untuk terjun langsung pada masyarakat.

“Dengan adanya MM 2.0 ini, semoga keluarga besar ABC dapat memanfaatkan waktu dan pembelajaran yang berharga dari masyarakat, semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan pada tahun – tahun berikutnya. Karena kegiatan ini menjadi komitmen ABC dalam menebar benih manfaat khususnya masyarakat Kabupaten Bojonegoro,” tutup Seta.

Penulis : Muhammad Seto Duta

Editor   : Primanda Andi Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *