Menjadi Produktif di Tengah Pandemi

Sumber Gambar: Itl.cat

Pandemi Covid-19 masih terus melanda hingga saat ini. Di tengah pandemi Covid-19, mahasiswa di seluruh Indonesia masih melakukan perkuliahan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai salah satu langkah penerapan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Sebagai salah satu generasi muda penerus bangsa, mahasiswa dalam menjalani perkuliahan hendaknya bersemangat dan selalu berpikir positif serta kritis guna menyikapi keadaan dunia saat ini.

Dengan sistem perkuliahan jarak jauh, mahasiswa mendapatkan kesempatan waktu yang lebih banyak, selain mengikuti kegiatan perkuliahan yang berlangsung secara daring. Dengan semakin banyaknya waktu luang di sela-sela perkuliahan daring, mahasiswa dapat meningkatkan produktivitas selagi mengikuti perkuliahan.  Dengan memanfaatkan waktu luang, terdapat berbagai hal yang dapat kita lakukan untuk menjadi semakin produktif di tengah pandemi Covid-19. Berikut adalah tips untuk menjadi mahasiswa yang semakin produktif di tengah pandemi.

  1. Mengikuti Perlombaan

Melalui sistem perkuliahan secara daring, mahasiswa dapat mengikuti berbagai perlombaan yang diselenggarakan dari universitas di seluruh Indonesia dan berbagai instansi pemerintahan serta swasta. Di tengah pandemi Covid-19, terdapat berbagai macam perlombaan yang dapat diikuti secara daring, dan tentunya kita dapat mengikuti perlombaan tersebut di mana saja. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, terdapat berbagai macam perlombaan yang dapat kita ikuti yang dapat meningkatkan produktivitas kita di tengah pandemi.

2. Berwirausaha

Menjadi wirausaha dapat menjadi salah satu kontribusi kita untuk memberikan lapangan pekerjaan baru. Meningkatnya angka pengangguran dan penurunan pendapatan selama pandemi membuat kita sebagai mahasiswa seharunsya bersikap kritis mengenai masalah ini. Sebagai pribadi yang dewasa, mahasiswa dapat menjadi salah satu sosokĀ  penggerak dalam menciptakan lapangan pekerjaan, yang dapat dilakukan dengan memulai berwirausaha dengan mencoba berbisnis dan menjual produk. Dengan menciptakan peluang untuk berwirausaha, kita dapat meningkatkan produktivitas kita selagi berkuliah.

3. Magang

Magang adalah salah satu kegiatan yang pada umumnya wajib diikuti oleh mahasiswa untuk menambah pengalaman mengenai dunia kerja. Kita dapat mengatur waktu untuk mengikuti magang dan perkuliahan secara efektif di tengah pandemi. Saat pandemi, terdapat banyak kesempatan untuk melakukan magang. Terdapat berbagai pilihan dalam melakukan magang, seperti magang secara online ataupun magang pada umumnya. Magang tentunya merupakan salah satu hal yang penting dilakukan guna menambah pengalaman kita di sela-sela perkuliahan.

4. Kursus Online

Di sela-sela waktu luang, kita perlu menambah pengalaman mengenai hal yang baru. Dengan kecanggihan teknologi, terdapat berbagai platform website MOOC (Massive Open Online Course) secara gratis maupun berbayar yang menyediakan materi-materi pelatihan online bersertifikat yang dapat meningkatkan skills kita, seperti Coursera, Khan Academy, Skill Academy, Dicoding, Udemy, dan sebagainya. Dengan mengikuti pelatihan-pelatihan kursus bersertifikat, kita dapat memperoleh skills baru yang kelak kita butuhkan di masa yang akan datang. Dengan mengikuti kursusonline, kita juga dapat menambah ilmu secara lebih dalam sebagai tambahan materi yang telah kita dapatkan di bangku perkuliahan.

5. Mengikuti Webinar

Webinar yang kita kenal sebagai seminar online menjadi salah satu hal yang paling bermanfaat di tengah pandemi. Jika pada kondisi normal kita harus mendatangi seminar di suatu tempat dan seringkali terkendala jarak lokasi yang jauh yang memungkinkan kita jarang mengikuti seminar, di saat pandemi, kita dapat mengikuti seminar-seminar secara online. Memanfaatkan webinar merupakan salah satu upaya untuk menjadi lebih produktif, dan dapat menjadi langkah awal yang dapat dicoba oleh mahasiswa untuk tetap aktif dalam berbagai kegiatan di luar perkuliahan. Terdapat berbagai webinar gratis yang tersedia dan dapat kita manfaatkan. Selain ilmu baru, tentunya kita juga berkesempatan mengenal berbagai macam orang dari seluruh daerah bahkan penjuru dunia, di webinar yang kita ikuti. Selamat mencoba dan menjadi semakin produktif di tengah pandemi.

Penulis: Alicia Juanita

Editor: Prisheila Putri Wardhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *