(Gambar: Instagram @univ_airlangga)

Baru-baru ini, Universitas Airlangga melalui media sosial instagram @univ_airlangga memperkenalkan akun Tiktok barunya. Foto profil yang memperlihatkan lambang Unair itu menuai perhatian mahasiswa. 

Ketika dihubungi melalui whatsapp pada Rabu (20/1), Ketua Pusat Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) menyebut bahwa pangsa pasar universitas adalah anak muda, Tiktok menjadi salah satu media yang sedang dikenal dan digemari. 

“Karena itu, diputuskan untuk membuat akun Tiktok, agar informasi yang diberikan lebih mudah menyentuh para anak muda,” Martha Kurnia Kusumawardani, dr., Sp. KFR  

“Tiktok ini memediasi para kawula muda untuk bebas berkreasi, di situlah salah satu alasan kita juga membuat akun Tiktok,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, ia berharap akun Tiktok Unair dapat menjadi media yang bisa memperkenalkan Unair secara masif, khususnya bagi pelajar yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri.

“Harapannya, para anak muda kekinian bisa lebih mengenal Unair melalui berbagai medsos,” ujarnya. 

Tidak hanya Unair, Martha menyebut penggunaan aplikasi media sosial Tiktok juga dilakukan oleh kampus lain untuk menyebarluaskan informasi seputar kampus. 

“Selain itu, sudah banyak institusi pendidikan dan pemerintah pusat serta daerah yang juga memanfaatkan Tiktok untuk menyampaikan informasinya. Jadi, tak ada salahnya, Unair juga memanfaatkan platform tersebut sebagai wadah kreasi dan penyambung lidah dengan kawula muda,” ujar Dr. Martha.

Ia menyampaikan ide dan gagasan untuk menciptakan akun Tiktok untuk Unair sudah dipikirkan dengan matang, termasuk langkah dan antisipasi yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko apabila terjadi penyalahgunaan akun. 

Akun Tiktok itu, nantinya akan berisi konten dalam bentuk audio visual yang berupa ajakan dan motivasi bagi para mahasiswa dan masyarakat umum supaya lebih mengenal Unair. 

“Dari berbagai analisis tersebut, maka, akhirnya kita putuskan agar Unair pun punya akun Tiktok. Tentunya konten yang dibuat mengandung unsur informasi seputar Unair dan perkuliahan,” jelasnya.

“Seperti halnya konten pertama akun tiktok Unair berkaitan dengan SNMPTN, karena memang saat ini tentunya, info tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh para calon mahasiswa baru,” Pungkasnya.

Penulis: Primanda Andi Akbar
Editor:
Risma  D. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WordPress › Galat

Ada eror serius pada situs web Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang pemecahan masalah di WordPress.