Direktur Pendidikan Unair: Perkuliahan Semester Genap 2021 Tetap Daring

Direktur Pendidikan Unair: Perkuliahan Semester Genap 2021 Tetap Daring

(Gambar: Unair News)

Menjelang akhir semester ganjil, Universitas Airlangga (Unair) belum juga mengeluarkan Surat Edaran Proses Belajar Mengajar (PBM) untuk semester genap 2021. Hal itu membuat mahasiswa mempertanyakan kejelasan perkuliahan semester depan terlebih edaran pembayaran SOP/UKT telah keluar.

Direktur Pendidikan Unair saat dihubungi LPM Mercusuar mengatakan perkuliahan semester genap 2021 diputuskan berjalan secara daring. Namun, apabila terdapat kegiatan yang mengharuskan dilakukan luring maka harus dengan izin yang ketat.

“Kuliah hampir 100% online. Kalau pun praktikum atau praktik klinik ada yang offline itu tidak 100%,” tutur Prof. Sukardiman melalui pesan Whatsapp, Rabu (6/1).

Ia menyebut praktikum luring pada semester depan akan cukup sulit dilakukan karena terdapat persyaratan izin dari banyak pihak.

“Ada syaratnya kalau offline, harus ada izin dari Pemkot Surabaya, Dekan atau usulan KPS, Satgas Covid Unair, dan perizinan orang tua. Jadi, akan sangat ketat,” jelasnya.

Sementara untuk kegiatan Praktik Kuliah Lapangan (PKL), lanjutnya, bisa dilakukan secara daring dan luring. Guru Besar Fakultas Farmasi itu kembali menekankan kepada pelaksana terkait kewajiban izin dengan protokol kesehatan ketat jika kegiatan dilakukan luring.

“PKL bisa offline jika ada persetujuan institusi/ tempat PKL dan mahasiswa harus mengikuti persyaratan yang berlaku, misal harus sehat atau negatif Swab,” tambahnya.

Begitupula dengan penelitian skripsi, Prof. Sukardiman menyebut ada kemudahan untuk mahasiswa dengan menggunakan metode literature review. 

“Jika harus melakukan penelitian offline, ya harus mengikuti aturan prokes yang ketat dan pembimbingan yang ketat. Untuk sidang skripsinya akan dilakukan online,” tuturnya.

Keputusan terkait PBM tersebut akan ditinjau kembali jika situasi membaik. Disinggung perihal Surat Edaran (SE) PBM yang tak kunjung turun, Prof. Sukardiman menyebut masih menunggu finalisasi. 

“Draft SE PBM sudah tinggal finalisasi saja. Insyaallah ya dalam waktu dekat akan turun edarannya. Yang pasti, bisa dibilang akan full daring apalagi ini ada wacana PSBB Nasional,” sebutnya.

Kebijakan tersebut diputuskan dengan menimbang kondisi terkini penyebaran Covid-19 yang kembali meningkat. Untuk diketahui, Unair juga tengah menerapkan peraturan pembatasan total untuk seluruh kegiatan selama dua pekan, terhitung sejak tanggal 4-17 Januari 2021.

Penulis: L. Fitriani
Editor:
Risma D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *