Pelantikan Ketua-Wakil Ketua BEM, BLM dan DLM FKG Tandai Pemira Usai

Pelantikan Ketua-Wakil Ketua BEM, BLM dan DLM FKG Tandai Pemira Usai

(Gambar: BLM Unair 2020)

Penyelenggaraan Pemira Fakultas Kedokteran (FKG) 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana seluruh agenda dialihkan menjadi kegiatan online menggunakan platform Zoom Meeting.

Rangkaian acara pemira FKG dimulai pertengahan November. “Dimulai dari open recruitment panitia Pemira, pengukuhan panitia pemira, sosialisasi pendaftaran calon, pendaftaran dan pengumpulan berkas, pembacaan peraturan, kampanye, uji masyarakat kampus, pemungutan suara, dan terakhir pengumuman hasil pemungutan suara,” jelas Jael S.M.Ludjen selaku Ketua BLM FKG 2020.

Berbeda dengan tahun lalu, dimana sebelumnya hanya calon ketua BEM yang maju perorangan, pemira FKG 2020 menetapkan aturan baru pendaftaran calon ketua BEM beserta wakil sebagai pasangannya.  

“Ada 12 orang yang mendaftar sebagai calon anggota BLM, 4 orang sebagai calon anggota DLM, 2 orang sebagai calon ketua BEM, dan 2 orang sebagai calon wakil ketua BEM. Total ada 20 orang,” terang Jael.

Awal desember lalu, pembacaan peraturan dilaksanakan selama 12 hari dan melibatkan calon dan tim suksesnya. Pada pertengahan desember diadakan Uji Masyarakat Kampus (UMK) sebagai sarana bagi pemilih untuk dapat menelaah mengenai visi misi, dan program kerja paslon Ketua dan Wakil Ketua BEM. 

Pemungutan suara dilaksanakan selama 2 (dua) hari dengan menggunakan sistem E-vote. Sistem ini baru pertama kali diterapkan di FKG, dimana tahun-tahun sebelumnya masih berbasis kertas. 

“Kendala paling terasa waktu pemira online adalah mengumpulkan data pemilih dan mengajak untuk memilih. Ada sejumlah pemilih yang tidak mengisi formulir data pemilih, padahal data tersebut digunakan untuk membuat akun yang akan digunakan saat pemungutan suara. Akhirnya panitia berusaha mencari data dari kampus atau data angkatan. Setelah itu, panitia juga harus menghubungi satu persatu melalui jalur pesan pribadi untuk para pemilih yang pada hari pertama pemungutan suara belum melakukan pemilihan. Meskipun sudah dihubungi satu persatu, masih saja ada yang tidak memilih atau tidak menggunakan hak suaranya,” ungkapnya.

Pengumuman hasil pemungutan suara disampaikan tanggal 20 desember 2020 dengan menunjukkan hasil pemilihan dari website E-vote yang digunakan sebagai bentuk transparansi. Kemudian, acara serah terima jabatan dari pengurus yang lama kepada pengurus baru dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2020.

Ketua BLM FKG ini juga berharap bahwa di kepengurusan BEM, BLM, maupun DLM yang baru ini dapat memberikan inovasi-inovasi baru yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Harapannya sendiri periode berikutnya dapat meneruskan program kerja yang sudah baik di masa pandemi ini kemudian dapat beradaptasi dengan situasi dan kondisi beserta menetaskan inovasi-inovasi terbaru sesuai dengan perkembangan zaman,” tutupnya.


Penulis: Primanda Andi Akbar
Editor: Annisa Fitriani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *