Sidang Dies Natalis Unair ke-66, Mahasiswa Baru Wajib Membuat Resume

Sidang Dies Natalis Unair ke-66, Mahasiswa Baru Wajib Membuat Resume

Gambar: Live streaming sidang Dies Natalis Unair melalui akun Youtube Universitas Airlangga (Mercusuar/Risma)

Dalam rangka menyambut Hari Jadi Universitas Airlangga (Unair) yang ke-66 pada Selasa (10/11) esok hari, sidang Dies Natalis digelar pada Senin (9/11) dan ditujukan untuk seluruh mahasiswa baru serta sivitas akademika Unair. Ditulis dalam undangan yang tersebar untuk seluruh fakultas, mahasiswa baru angkatan 2020 diwajibkan untuk mengikuti serangkaian acara sidang.

LPM Mercusuar memantau kolom chat akun Youtube Unair. Melalui kolom chat, banyak partisipan yang mengeluhkan tugas resume sebagai pengganti mata kuliah dengan jadwal yang sama dengan pelaksanaan sidang.

Seperti disampaikan Intan, mahasiswa Antropologi angkatan 2020. Pada mata kuliah jam pertama dan kedua, mahasiswa diberi tugas membuat resume dari acara sidang yang digelar daring melalui aplikasi Zoom dan akun Youtube Universitas Airlangga.

“Untuk mata kuliah jam pertama sama kedua disuruh resume, soalnya kan jamnya diambil buat sidang,” tuturnya melalui pesan WhatsApp seusai mengikuti sidang Dies Natalis pada Senin siang (9/11).

“Dosen nggak bilang apa-apa. Cuma di aula ada tugas resume,” imbuhnya.

Sidang berlangsung mulai pukul 08.30 WIB hingga 11.30 WIB. Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D. sebagai pembicara berkesempatan memaparkan materi presentasi mengenai percepatan pemulihan ekonomi nasional berkaitan dengan pandemi Covid-19.

Terkait dengan hal itu, Intan mengaku apa yang didapatnya dalam sidang tidak sesuai apabila dijadikan sebagai tugas untuk menggantikan mata kuliah yang bersangkutan.

“Nggak cocok sih, soalnya kan ada mata kuliah yang gak ada sangkut pautnya sama sidang ini tadi. Misalnya saja mata kuliah antropobiologi, kan gak ada nyambungnya. Jadi nggak cocok sih kalau dijadikan tugas dan dimasukkan ke dalam kolom submission,” ungkapnya.

Sedangkan Rektor Unair, Prof. Moh. Nasih, melalui sambutannya, menyampaikan bahwa sidang Dies Natalis yang dilangsungkan hari ini merupakan sidang dengan jumlah peserta terbanyak dalam sejarah Unair.

“Hari ini menjadi sidang universitas yang paling banyak diikuti oleh sivitas akademika dalam sejarah Unair, karena seluruh dosen, mahasiswa baru, dan para tendik kita wajibkan untuk mengikuti perayaan hari ulang tahun berdirinya Universitas Airlangga, yakni tanggal 10 November tahun 1054, 66 tahun yang lalu,” ucap Prof. Nasih.

Upacara peringatan hari jadi Unair akan diselenggarakan bersamaan dengan upacara memperingati Hari Pahlawan yang digelar esok hari, (10/11).

“Besok, 10 November merupakan puncak Hari Pahlawan. Kita akan melaksanakan upacara baik hari pahlawan maupun upacara memperingati hari ulang tahun Unair,” tuturnya memungkasi sambutan.

Penulis: Risma D.
Editor: Annisa Fitriani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *