Manfaatkan Ruang Virtual, Safari Kampus Dilangsungkan Secara Online

Manfaatkan Ruang Virtual, Safari Kampus Dilangsungkan Secara Online

Aditya Anugrah, Koordinator Acara PPK Unair 2020 saat diwawancarai Lpm Mercusuar seusai Technical Meeting (Mercusuar/Dewi)

Dimulai pada Senin (19/10), rangkaian kegiatan Safari Kampus dilangsungkan secara online. Terkait mekanisme pelaksanaan, PPK akan menyediakan ruang pertemuan daring melalui aplikasi Zoom meeting.

“Untuk LO dan tim acara nanti akan mempersiapkan media untuk melakukan zoom meeting, sehingga nanti pasangan calon bisa hadir untuk melaksanakan Safari kampus,” papar Aditya Anugrah, Koordinator PPK BEM Unair 2020 di tengah pelaksanaan Technical Meeting pada Minggu (18/10).

Pelaksanaan safari kampus terbagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama diisi dengan penyampaian visi misi dan grand design pasangan calon melalui penayangan video profil dengan panjang durasi maksimal 2 menit.

Kemudian, sesi kedua dilanjutkan dengan tanya jawab. Setiap fakultas diwajibkan untuk melempar minimal satu pertanyaan dari seluruh jumlah peserta yang hadir.

Dalam pelaksanaannya, terkhusus sesi tanya jawab Aditya menyebut peserta yang bertanya diharuskan mengaktifkan kamera dan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

“Saat ada yang ingin bertanya harus on cam dan menunjukkan KTM, tapi saat mengikuti sosialisasi dan lainnya, dia tidak on cam tidak apa-apa,” jelasnya.

Banyaknya jumlah partisipan yang hadir dan berlangsungnya kegiatan secara interaktif menjadi indikator kesuksesan dalam safari kampus.

“Yang pertama yaitu ketika setiap fakultas ada peserta yang bertanya, lalu yang kedua jumlah peserta yang hadir. Artinya ketika dilakukan secara online kan lebih mudah bergabung, jadi indikatornya adalah jumlah peserta yang hadir, entah itu dari setiap sesinya atau pun secara umum, hadir melihat potensi atau kualitas dari paslon,” terang Aditya.

Untuk mencapai indikator kesuksesan, MPM melakukan safari kampus ke setiap fakultas. Safari dilangsungkan di luar jam perkuliahan, yaitu dimulai pukul 18.00 hingga 21.00 WIB.  

“Jadi memang kita memberi waktunya panjang, selama tiga jam. Satu setengah jam pertama terkait penjelasan dari setiap pasangan calon, lalu satu setengah jam berikutnya fokus tanya jawab,” pungkasnya

Berbeda halnya dengan kegiatan Safari Kampus yang berlangsung secara online, pelaksanaan Uji Masyarakat Kampus (UMK) akan diadakan secara hybrid (offline dan online). Untuk pelaksanaan UMK offline, setiap peserta diwajibkan mengisi formulir online terlebih dahulu.

Agenda Safari Kampus dibagi menjadi tiga segmen dengan pembagian sebagai berikut:

Senin, 19 Oktober 2020

  1. Fakultas Kedokteran (FK)
  2. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)
  3. Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)
  4. Fakultas Keperawatan (FKP)
  5. Fakultas Farmasi (FF)
  6. Fakultas Kedokteran Hewan (FKH).

Selasa, 20 Oktober 2020

  1. Fakultas Ilmu Budaya (FIB)
  2. Fakultas Psikologi (FPsi)
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  5. Fakultas Hukum (FH).

Rabu, 21 Oktober 2020

  1. Fakultas Sains dan Teknologi (FST)
  2. Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK)
  3. Fakultas Vokasi (FV)
  4. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Penulis: Dewi Manjasari, M. Fakhri Sajidan
Editor: Risma D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *