H-1 Penutupan, Belum Ada Paslon Mendaftar

H-1 Penutupan, Belum Ada Paslon Mendaftar

(Sumber Gambar: voi.id)

Terhitung hingga H-1 penutupan pendaftaran pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unair periode 2020-2021 pada Jumat (16/10), belum ada satu pun pendaftar yang mengirimkan berkasnya ke Panitia Pemilihan Ketua (PPK) BEM Unair 2020.

Terkait dengan hal itu, Ketua PPK 2020, Izzudin Ma’ruf menyampaikan maklum. Hal itu disebutnya lantaran para pendaftar harus mempersiapkan terlebih dahulu berkas-berkas yang dibutuhkan sejak dibukanya pendaftaran pada Senin (12/10).

Namun, di samping itu, belum adanya pendaftar bukan menandakan sulitnya persyaratan yang diberikan panitia. Ia mengatakan persyaratan dari tahun ke tahun tetap sama.

“Menurut saya, tidak memberatkan sama sekali, dari tahun ke tahun persyaratan ini saya rasa cukup mudah. Seperti misalnya, data Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) hanya 1% dari seluruh jumlah mahasiswa per fakultas. Ya, mungkin menurut saya, esai ini yang agak berat,” jelasnya.

Sebelumnya, PPK telah melakukan sosialisasi terkait informasi pendaftaran kepada BEM dan Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) di tiap fakultas dengan mengirimkan surat izin publikasi, juga berkomunikasi dengan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Unair mengenai dilangsungkannya rangkaian agenda pemilihan.

“Karena memang inti visi misi dan grand design kami adalah transparansi, jadi mekanisme proses pemilihan ini harus ada check and balance antara mahasiswa dan panitia,” ungkap Izzudin saat dihubungi Kamis (15/10).

“Jadi goalsnya, meskipun tidak bisa memilih secara langsung, mahasiswa tetap bisa merasakan bagaimana euforia kegiatan dalam Pilpres BEM Unair 2020 ini,” tambahnya.

Lebih lanjut, mengenai pemberlakuan sanksi, Izzudin mengatakan tidak ada larangan dan penjatuhan konsekuensi bagi pendaftar yang mengirimkan berkas mendekati batas waktu penutupan. Namun, apabila telah melewati batas, maka panitia berhak menolak.  

“Kami sudah menyiapkan skenario apabila ternyata berkas yang masuk hanya satu atau dua calon yang telah konfirmasi, dan ketika setelah kita periksa salah satu calon berkasnya kurang lengkap dan belum sempat dikumpulkan, maka nanti akan dibahas bersama teman-teman PPK lagi,” pungkasnya.

Sejauh ini, panitia memanfaatkan akun media sosial Instagram sebagai media untuk mengimbau bagi calon pendaftar agar menyiapkan diri dan mengingat tenggat waktu penutupan pendaftaran.

Penulis: M. Fakhri Sajidan
Editor: Risma D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *