Unair Siapkan Dua Rancangan PKKMB Universitas ditengah Pandemi

Unair Siapkan Dua Rancangan PKKMB Universitas ditengah Pandemi

Direktur Kemahasiswaan (Dirmawa) UNAIR Dr. M. Hadi Subhan., SH., MH., CN (dokumen resmi unair.ac.id)

Reporter: Dewi Manjasari

Editor: Lailatul Fitriani

Universitas Airlangga (Unair) tengah menyiapkan dua rancangan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Direktur Kemahasiswaan (Dirmawa) Unair, Dr. M. Hadi Subhan., SH., MH., CN. menjelaskan bahwa Dirmawa sedang menyusun dua rancangan kegiatan untuk PKKMB 2020 di tengah pandemi. Plan A dengan sistem PKKMB online dan plan B dengan sistem PKKMB fifty-fifty.

“Masih disiapkan dua plan. Plan A adalah PKKMB secara online seperti kegiatan kampus lainnya, baik kegiatan kuliah, ujian, wisuda. Jika pelaksanaannya online ini, maka materi dan tata caranya akan disesuaikan. Sedangkan plan B disiapkan separuh online dan separuh offline,” terangnya melalui jaringan pribadi kepada tim Mercusuar pada Minggu (7/6) lalu.

Menanggapi kemungkinan pelaksanaan PKKMB secara online, pihak Dirmawa akan mempertimbangkan dan mempersiapkan segalanya dengan baik termasuk permasalahan jaringan. 

“Nanti kita modifikasi berbagai jalur sarana online tersebut. Sedang kita siapkan,” lanjutnya. 

Untuk Plan B dengan sistem pelaksanaan PKKMB fifty-fifty, yaitu separuh online separuh offline masih dalam tahap persiapan. 

“Kalau plan B, nanti kita bagi, mana materi yang online dan mana materi yang offline. Tentu sedang kita siapkan juga,” ujarnya.

Hadi Subhan juga menjelaskan bahwa PKKMB 2020 mendatang jika dilaksanakan online, standarnya akan direlaksasi dan tidak seketat PKKMB offline. Sehingga mahasiswa baru nantinya dapat mengikuti serangkaian PKKMB secara penuh tanpa alasan kendala jaringan dan pemakluman. 

“Tentu nanti jika PKKMB secara online, standarnya akan direlaksasi dan tidak seketat seperti sebelumnya yang offline karena keadaan yang serba darurat untuk saat ini,” sambung Hadi.

Terakhir, Hadi Subhan mengingatkan mahasiswa baru untuk dapat beradaptasi dengan keadaan terkait pembelajaran kampus yang juga akan dilaksanakan secara online. 

“Tentu maba juga harus mempersiapkan tentang pembelajaran online tersebut. Karena tuntutan keadaan, toh nanti setelah PKKMB juga langsung kuliah online,” pungkasnya.

Sebagaimana keputusan Rektor Unair Nomor 265/UN3/2020 tentang kalender akademik tahun 2020/2021 tercatat jadwal pengukuhan mahasiswa baru akan dilaksanakan pada 31 Agustus 2020 dan PKKMB akan dilaksanakan sehari setelah pengukuhan pada 1-5 September 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *