Rekrutmen Terbuka Menteri BEM Unair 2019 akan Berlangsung Minggu Ini

Rekrutmen Terbuka Menteri BEM Unair 2019 akan Berlangsung Minggu Ini

Pelantikan Ketua dan Wakil Ketua BEM Unair 2019 yang dilaksanakan di Ruang Amerta Kantor Manajemen Lt. 4 Kampus C, Universitas Airlangga pada Senin (2/4) siang. (MERCUSUAR/Kholis)

Reporter: M. Najmuddin Kholish
Editor: Lailatul Fitriani

Pasca pelantikan organisasi kemahasiswaan di Aula Amerta pada Selasa (2/4) siang, Ketua-Wakil Ketua BEM terpilih akan melakukan rekrutmen terbuka menteri pada minggu ini.

“Kalo tanggalnya, insyaallah nanti minggu depan kita ada oprec menteri dan staff,” ujar Agung.

Aji, Wakil Ketua BEM 2019 pun mengoreksi pernyataan Agung, “Minggu ini, ta? Minggu ini kita ada oprec menteri.”

“Oh iya, kalau minggu ini kita akan ada oprec menteri. Soalnya mepet nanti bulan depan kan sudah puasa,” ralat Agung kemudian.

Terkait indikator penilaian yang menjadi bahan pertimbangan nantinya, Agung-Aji menyebut ada beberapa indikator, antara lain pemahaman calon menteri terhadap tupoksi kementerian, paham akan teori dan praktek bagaimana mengayomi staf-staf kementerian nantinya serta adanya rasa kekeluargaan dari calon menteri.

“Indikatornya itu yang pertama dia paham benar dengan tupoksi kementerian terkait. Kedua dia paham betul secara teori maupun praktek dalam menangani staf-staf terkait. Orang kan beda-beda fokusnya, ada yang paham masalah sosial dan lain sebagainya. Nah, di sini menteri harus bisa mengayomi. Kemudian dia memiliki karakter yang baik dalam keilmuan,” papar Agung panjang lebar.

Aji sebagai wakil Agung turut menambahkan bahwa akan ada penilaian terkait rasa kekeluargaan yang dimiliki calon menteri.

“Juga ini. Oke, dia punya pengalaman. Tapi kalau menteri enggak punya rasa kekeluargaan nanti (stafnya) enggak ke-openi (diayomi -red), kan? Jadi, kita mencari sosok-sosok seperti itu. Karena salah satu asas yang kita bawa kan itu (kekeluargaan), sebagai budaya organisasi kita,” ujar Wakil Ketua BEM tersebut.

Pelantikan organisasi kemahasiswaan secara resmi oleh Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. Mohammad Nasih tersebut juga dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua BEM Fakultas, Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM), perwakilan Forum Komunikasi (Forkom) UKM, serta perwakilan dari tiap UKM masa bakti 2019.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *